Sosialisasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah dalam Upaya Membangun Sikap Moderat Mahasiswa Universitas Sunan Giri Surabaya
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman mahasiswa Universitas Sunan Giri Surabaya terhadap nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja), sehingga berdampak pada munculnya sikap keagamaan yang kurang moderat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai nilai Aswaja dan menanamkan sikap moderat dalam beragama. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan partisipatif yang melibatkan mahasiswa sebagai subjek aktif dalam proses sosialisasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang dikombinasikan dengan diskusi kelompok dan simulasi kasus. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sosialisasi nilai-nilai Aswaja secara partisipatif mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap prinsip tawazun (keseimbangan), tasamuh (toleransi), dan i’tidal (keadilan). Mahasiswa mulai menunjukkan sikap lebih moderat dalam pergaulan kampus meskipun dibutuhkan upaya lanjutan untuk memperdalam praktik nilai-nilai tersebut. Kesimpulannya, pengabdian ini berhasil membangun kesadaran mahasiswa akan pentingnya Aswaja sebagai landasan moderasi beragama dan membuka peluang bagi pengembangan program pembinaan keagamaan yang lebih sistematis dan berkelanjutan.
References
Achmad Mujahidin, & Ahmad Ainun Naim. (2023). Penyuluhan dan Internalisasi Faham Ahlussunnah Wal Jama’ah Untuk Meningkatkan Pemahaman Aqidah Peserta Didik di SDN Besowo 5 Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 4(2), 152–161. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i2.1005
Ahmad Muttakin. (2024). Penanaman Nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah pada Siswa MA Roudhotul Mujawwidin dalam Pembelajaran PAI. Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 175–188. https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.249
Amir, A., Baharun, H., & Aini, L. N. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN ASWAJA AN-NAHDLIYAH UNTUK MEMPERKOKOH SIKAP TOLERANSI. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 4(2), 189. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v4i2.224
Anwar, A., & Wahab, W. (2022). DESAIN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 8(2), 107–118. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v8i2.1493
Arifudin, Y. F. (2022). The Aqidah Education in Ahlu Sunnah wa al-Jamaah: A Comparative Study. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 161. https://doi.org/10.36667/jppi.v10i2.1302
Basyir, K. (2020). Fighting Islamic Radicalism Through Religious Moderatism in Indonesia: An Analysis of Religious Movement. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 21(2), 205–220. https://doi.org/10.14421/esensia.v21i2.2313
Bharadwaj, S., Howard, J., & Narayanan, P. (2021). Using Participatory Action Research Methodologies for Engaging and Researching with Religious Minorities in Contexts of Intersecting Inequalities. https://doi.org/10.19088/CREID.2020.009
Bucky Wibawa Karya Guna, Sri Endah Yuwantiningrum, Firmansyah, Muh. Dzihab Aminudin S, & Aslan, A. (2024). BUILDING MORALITY AND ETHICS THROUGH ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SCHOOLS. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 5(1), 14–24. https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i1.2685
Carmidin, C. (2024). Role of Islamic Boarding Schools in Preserving the Ahlusunnah Wal Jamaah Tradition in Society. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 4(001), 120–129. https://doi.org/10.54012/jcell.v4i001.370
Ghozali, S. (2021). ISLAMIC EDUCATION LEADERSHIP IN BUILDING TOLERANCE OF RELIGIOUS LIFE IN BALUN VILLAGE, TURI SUB-DISTRICT, LAMONGAN DISTRICT. Journal Education Multicultural of Islamic Society, 1(2), 181–192. https://doi.org/10.33474/jemois.v1i2.10982
Hakim Tafuzi Mu’iz, D., & Bahruddin, U. (2023). FORMULASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMIKIRAN YUSUF AL-QARDHAWI SEBAGAI BASIS MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.513
Herman, H., Efendi, S., Ramli, Sukri, Zulhendra, D., SH, H., … Abidin, B. (2024). Penguatan Nilai-nilai Syari’at Islam dan Moderasi Beragama Bagi Kader Al Jam’iyatul Washliyah dan Mahasiswa di Aceh Barat. Zona: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 59–68. https://doi.org/10.71153/zona.v1i1.47
Jailani, M., Armanda, D., Danial, D., & Iskandar, I. (2024). STRENGTHENING RELIGIOUS MODERATION IN GAMPONG JAWA, LHOKSEUMAWE TO PREVENT CONFLICTS. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 329–344. https://doi.org/10.35316/assidanah.v6i2.329-344
Khafsoh, N. A., & Riani, N. (2024). Implementation of Participatory Action Research (PAR) In Community Service Program. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 237–253. https://doi.org/10.32815/jpm.v5i1.2034
Khoirunnissa, R., & Syahidin, S. (2023). Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 177. https://doi.org/10.36667/jppi.v10i2.1276
Laila Ulfa, R., Ikhtiati, I., & Putri, F. A. (2024). The Use and Impact Socialization of Religious Moderation Values Through Media of Hand Puppet Theater Stages Toward Forming Character of Tolerance In Primary School Students. International Journal of Islamic Thought and Humanities, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54298/ijith.v3i1.169
Lubis, A., Umeir Ibnul Fath, Farid Ansyori, Muhammad Rasyid Riyanto, & Lubis, T. M. K. (2023). Increasing Ramadan Activities Through the Participatory Action Research. Al-Arkhabiil: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 28–35. https://doi.org/10.51590/jpm_assunnah.v3i2.504
Muhammad Nabil Akmal, & Eli Masnawati. (2024). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Membentuk Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(5), 366–381. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i5.583
Muharam, S. (2023). Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) as a Basic Value Base for the Movement and Thought of the Indonesian Islamic Student Movement (PMII). SETYAKI : Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i2.409
Mutaqqin, A.-. (2020). PELAKSANAAN PENDIDIKAN ASWAJA UNTUK MENANGKAL PAHAM RADIKALISME DI UNIVERSITAS KH. A. WAHAB HASBULLAH JOMBANG. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 5(2), 39–68. https://doi.org/10.32764/dinamika.v5i2.1028
Rahmawati, E., & Sumardjoko, B. (2022). PERAN PESANTREN DALAM MODERASI BERAGAMA DI ASRAMA PELAJAR ISLAM TEALREJO MAGELANG JAWA TENGAH INDONESIA (Vol. 6).
Rokhmanm, M., Wahidin, S., & Suharnoko, D. (2021). Prevention of Radicalism at Islamic Boarding College. European Journal of Humanities and Social Sciences, 1(4), 33–37. https://doi.org/10.24018/ejsocial.2021.1.4.92
Soedarwo, V. S. D., Ramadhani Fuadiputra, I., Reevany Bustami, M., & Jha, G. K. (2022). Participatory Action Research (PAR) Model for Developing A Tourism Village in Indonesia. Journal of Local Government Issues, 5(2), 193–206. https://doi.org/10.22219/logos.v5i2.21279
Sugianto, H., Aksan, S. M., Jafar, S., & Jamaluddin, T. (2024). Empowering Community Through Sacred Rituals: A Participatory Action Study on Funeral Management in Islamic Traditions. Communautaire: Journal of Community Service, 3(1), 93–106. https://doi.org/10.61987/communautaire.v3i1.462
Taufik, T., Rajafi, A., Lasido, N. A., Ilmudinulloh, R. I., & Ilham, A. (2024). Penguatan Literasi Moderasi Beragama Bagi Guru Agama Sekolah Dasar Di Kelurahan Perkamil Kecamatan Paal Dua Kota Manado (Pendekatan Participatory Action Research). NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.30984/nyiur.v4i1.816
Ul Haqq, A. D., Hussain, I., & Adi, D. P. (2023). Learning The Book Of Hujjah Ahlussunnah Wal Jamaah In Internalizing The Values Of Religious Moderation At The Shofa Marwa Patemon Pakusari Islamic Boarding School In Jember. IJIBS, 1(2), 89–100. https://doi.org/10.35719/ijibs.v1i2.26
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saweu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.