Bimbingan Belajar Privat dalam Meningkatkan Pemahaman Hukum Fikih Peserta Didik

Authors

  • Sudi Raharjo Universitas Pekalongan, Indonesia
  • Makmur Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso, Indonesia
  • Diauddin Ismail Prodi Keperawatan Aceh Utara Poltekkes Kemenkes Aceh, Indonesia
  • Muzakir Muhammad Amin Prodi Keperawatan Aceh Utara Poltekkes Kemenkes Aceh, Indonesia
  • Ida Zahara Adibah Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Ungaran, Indonesia
  • Karimuddin Abdullah Lawang Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia (UNISAI), Indonesia

Keywords:

Bimbingan, belajar Privat, meningkatkan pemahaman, Hukum fikih, peserta didik

Abstract

Program bimbingan belajar privat dalam meningkatkan pemahaman hukum fikih peserta didik merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di pondok pesantren. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan belajar secara intensif melalui metode privat dengan pendekatan personal agar peserta didik mampu memahami materi fikih secara lebih mendalam dan aplikatif. Setiap kelompok kecil peserta dibimbing oleh seorang guru privat dalam ruang belajar khusus yang kondusif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap konsep-konsep dasar fikih serta perubahan positif dalam sikap kedisiplinan dan keterlibatan belajar. Kegiatan ini tidak hanya berdampak pada aspek kognitif, tetapi juga pada pembentukan karakter dan budaya belajar yang positif. Program ini direkomendasikan untuk dilanjutkan dan dikembangkan sebagai model pembelajaran alternatif di lingkungan pendidikan pesantren guna memperkuat kualitas pendidikan keagamaan yang lebih efektif dan berkelanjutan.

References

Abdullah, K. (2022). Pendampingan Masyarakat dalam Prosesi Tradisi Menginjak Tanah Pertama bagi Bayi. PENGMASKU, 2(1), 43–47.

Budiwati, S. (2018). Akad Sebagai Bingkai Transaksi Bisnis Syariah. Jurnal Jurisprudence, 7 (2), 152–159. https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v7i2.4095

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

Gatot Kusjono; Eni Sudjiani. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai. Jurnal Ilmiah Feasible, 1(1), 65–76.

Ismail Pane; Hasan Syazali; Syaflin Halim; Karimuddin; Imam Asrofi; Muhammad Fadlan; Kartini; Muhammad Saleh. (2022). Fiqh Mu’amalah Kontemporer (M. Ridwan (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Karimuddin Abdullah Lawang, Dian Saputra, Ibnu Mukti, Y. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Santriwati dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Dayah Jamiah Al-Aziziyah Batee Iliek Samalanga. 1(2), 373–387.

Najah, A. Z. A. (2011). Halal Dan Haram Dalam Pengobatan. PUSKAFI.

Nusriati. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Demosntrasi Materi Shalat Jamak, Qasar, Jamak Qasar, dan Shalat dalam Keadaan Darurat Siswa di Kelas VII-3 MTSN 2 Kendari. Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 75–83. https://jurnal.pgrisultra.or.id/ojs/

Ritonga, A. R. (2016). Memahami Islam Secara Kaffah: Integrasi Ilmu Keagamaan Dengan Ilmu_Ilmu Umum. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 2(2), 118. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v2i2.183

Rizki Amalia, Saiful Usman, A. (2016). Upaya Wilayatul Hisbah (WH) Kota Banda Aceh Dalam Meningkatkan Kesadaran Bersyariat Islam Bagi Remaja Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 61–71.

Zulfikar, A. Y. (2022). Transformasi Sosial dan Perubahan Dayah di Aceh. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Zulfitria, & Arif, Z. (2019). Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di Bimbel Hiama– Bogor. Reiventing Islamic Educatio and Development Technology for Future, 2(September), 1–7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5377/3590

Downloads

Published

2025-04-13