Model Pendampingan dan Pelatihan Berbasis Cloud: Peningakatan Tata Kelola Lembaga di MAN 1 Probolinggo

Authors

  • Misbahul Arifin Universitas Nurul Jadid
  • Ahmad Faidul Mannan Universitas Nurul Jadid
  • Syahzadi Hina Beaconhonse School System

Keywords:

Pendampingan, Manajemen Berbasis Cloud, Tata Kelola Lembaga.

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan tata kelola MAN 1 Probolinggo melalui pendampingan dan pelatihan bagi kepala sekolah serta tenaga administratif dalam mengimplementasikan sistem manajemen berbasis cloud. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah kurangnya kompetensi SDM dalam mengelola administrasi secara digital. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan pendampingan dan pelatihan partisipatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa model pendampingan yang diterapkan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitra, mengatasi resistensi awal, serta membangun budaya kerja yang adaptif. Implikasi dari kegiatan ini adalah terwujudnya tata kelola lembaga yang lebih efisien, transparan, dan akuntabel, serta dapat dijadikan model percontohan bagi madrasah lain. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa keberhasilan digitalisasi terletak pada penguatan kapasitas manusia sebagai aktor utama perubahan.

References

Adriantoni, Kenedi, G., Nursyamsi, & Wati, N. (2025). Pelatihan Tata Kelola Pengembangan Literasi Digital Manajemen Sekolah. Jurnal Dedikasia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 32–43. https://doi.org/https://doi.org/10.30983/dedikasia.v5i1.9477

Agusnawati, R., Nurfadillah, Wiradana, N., & Muktamar, A. (2024). Efektivitas Evaluasi Strategi dalam Manajemen Pengendalian Mutu Organisasi. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(1), 87–105. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i1.148

Ahmadi, Al-Faini, A. F., Mun’im, M. A., & Jannah, S. (2025). MEMBANGUN EKOSISTEM PENDIDIKAN DIGITAL DI PESANTREN : BUKTI EMPIRIS DARI TMI AL-AMIEN PRENDUAN. DIROSAT: Journal of Islamic Studies, 10(1), 111–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28944/dirosat.v10i1.2126

Aminah, S., Riyadi, A., Prasetyo, A., Kuswandi, S., & Sulaeman, D. (2024). Manajemen Administrasi Berbasis Kompetensi: Strategi Penguatan Lembaga PAUD. Bulletin of Community Engagement, 4(3), 785–792. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/bce.v4i3.1632

Aprilia, E., & Chamalinda, K. N. L. (2025). Pendampingan Pengarsipan Berkas sebagai Upaya untuk Meningkatkan Efisiensi dan Akuntabilitas dalam Tata Kelola Administrasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat SOKLA: Senarai Kearifan Lokal Akuntansi, 1(1), 69–77. https://journal.trunojoyo.ac.id/v3/sokla/article/view/156

Barus, E., Pardede, K. M., & Manjorang, J. A. P. B. (2024). Transformasi Digital: Teknologi Cloud Computing dalam Efisiensi Akuntansi. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(3), 904–911. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i3.2862

Fahlevvi, M. R., Kusuma, K. A. P. I., & Anugerah, M. W. (2025). Integrasi Teknologi Digital dalam Pengawasan Internal Inspektorat Daerah Kabupaten Gianyar. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(2), 236–249. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i2.687

Fitria, U. R., Sulistyorini, & Chotimah, C. (2025). Manajemen Efektif Peter Drucker untuk Fatayat NU MEMPESONA. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 206–217. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.4116

Gumilar, C., Thoriq, A., & Mardiyansah, M. (2025). Ruang Lingkup Difusi Inovasi Pendidikan. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/edukasi.v2i2.1267

Hadi, M. S. (2024). Teori Organisasi Klasik. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(4), 80–102. https://doi.org/https://doi.org/10.61404/jimad.v2i4.338

Handani, S. S. (2024). ANALISIS PERAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM MENDORONG AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI UNTUK PENCAPAIAN SDGS. Akurat: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 15(3), 137–143. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/1584

Husna, R., Haniah, R., & Siahaan, L. N. (2024). Pendampingan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Dan Remaja Di Musholla Al-Fatah Bondowoso: Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Qur’ani dan Spiritual. IJCD: Indonesian Journal of Community Dedication, 2(3), 467–476. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJCD/article/view/569%0Ahttps://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJCD/article/download/569/596

Kurnianto, D., Riyadi, S., Mizani, Apriani, F., & Supardi. (2025). Workshop Modul Ajar Plus Terintegrasi P5: Strategi Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMP. WARTA KARSA TANJUNGPURA, 1(1), 15–30. https://jurnal.stkiptanjungpura.ac.id/index.php/abdipura/article/view/26

Kusdyawati, R., A, A. I. S., Prabawani, I., Hardi, R., & Zabrina, R. (2024). Pengenalan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Cloud untuk Penyimpanan Dokumen Kantor. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 3(2), 344–351. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.19541

Meyrilliana, P., Samsir, & Kasman, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Niat Menggunakan Kembali Aplikasi Ovo Pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 12(1), 151–170. https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/download/7857/6788

Nurhayati, & Mulyanti, D. (2025). Strategi Manajemen Pendidikan di Era Digital: Optimalisasi Infrastruktur, SDM, dan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pelita Nusantara: Kajian Ilmu Sosial Multidisplin, 2(4), 376–383. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v2i4.698

Nurrisa, F., Hermina, D., & Norlaila. (2025). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(03), 793–800. https://doi.org/https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/581

Puspitasari, N., Mufidah, A., Khusna, K., & Suroso, I. (2024). Pendampingan Pembelajaran Metode Penelitian Gabungan (Mixed Method) di IAIS Lumajang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 3(1), 53–59. https://doi.org/10.54099/jpma.v3i1.871

Sermal, & Yunus, M. (2025). TANTANGAN IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL DALAM PENINGKATAN TATA KELOLA ADMINISTRASI PENDIDIKAN. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 506–515. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/simbol.v13i1.707

Suwandi, Fariza, M., Turini, Hajijah, S. N., Pranata, S., Septian, E., Fakhrudin, M. U., & Akbari, S. (2025). Peningkatan Kapasitas Manajemen UMKM melalui Pelatihan Business Model Canvas. Jurnal Abdimas Kamali, 1(2), 62–72. https://www.ejournal.poltekbaubau.ac.id/index.php/kamali/article/view/1012

Windy, P. S. (2025). Tantangan dan Solusi Dalam Menegelola Keuangan Sekolah Secara Efektif. JIMP: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 02(01), 350–355. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jimp/article/view/875

Yulwanda, T. R., & Firdaus, R. (2024). Pentingnya Mengintegrasikan Sistem Informasi Manajemen ke dalam Proses Bisnis untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Organisasi. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4211–4222. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/555

Yusuf, A., Nuraeni, R., & Nur’aeni, N. (2025). Dampak penggunaan Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan SDM. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(3), 4808–4816. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i3.6480

Zahwa, A., Safitri, R. D., Pratiwi, A. N. R., & Subiakto, V. S. N. (2025). Meningkatkan Daya Saing Bangsa: Peran Strategis Investasi Pendidikan dalam Pengembangan SDM. IJE: Indonesian Journal Of Education, 1–6. https://jurnalpustakacendekia.com/index.php/IJE

Zainudin, M. A., Wulandari, R., & Putri, R. E. (2025). Exploration of Opportunities and Challenges in Implementing AI-Driven Tutoring System in 3T Area Schools: An Empirical Study in Eastern Indonesia Regions. EDUCATION: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 5(1), 10–26. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/jt678p34

Downloads

Published

2025-08-28