Strategi Efektif Meningkatkan Kesadaran Anti Bullying melalui Sosialisasi di SDN Nglajang, Sugihwaras

Authors

  • Robiatul Adawiyah Institut Attanwir Bojonegoro, Jawatimur, Indonesia
  • Moh. Muhajir Institut Attanwir Bojonegoro, Jawatimur, Indonesia
  • Erlina Rahmawati Institut Attanwir Bojonegoro, Jawatimur, Indonesia
  • Eka Maulidya Izzati Institut Attanwir Bojonegoro, Jawatimur, Indonesia
  • Ulfatus Sa’diyah Institut Attanwir Bojonegoro, Jawatimur, Indonesia
  • Ednandia Khabibatul Ula Institut Attanwir Bojonegoro, Jawatimur, Indonesia
  • Lailatul Maulida Institut Attanwir Bojonegoro, Jawatimur, Indonesia
  • Dewi Amirotun Nafidhoh Institut Attanwir Bojonegoro, Jawatimur, Indonesia

Keywords:

Sosialisasi, Anti-Bullying, ABCD

Abstract

Perundungan tetap menjadi masalah sosial yang serius di sekolah dasar di Indonesia, yang berdampak tidak hanya pada kesehatan fisik tetapi juga pada perkembangan psikologis dan sosial siswa. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SDN Nglajang, Sugihwaras, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang anti-perundungan melalui program sosialisasi yang terstruktur. Dengan menggunakan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD), program ini memanfaatkan aset yang sudah ada seperti siswa sebagai agen perubahan, guru sebagai fasilitator, Bhabinkamtibmas sebagai penyedia informasi hukum, dan fasilitas sekolah sebagai ruang pembelajaran. Pelaksanaan terdiri dari lima tahap: pengenalan budaya, penemuan, perancangan, penentuan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa memperoleh pemahaman yang lebih jelas mengenai definisi, bentuk-bentuk, penyebab, dan dampak negatif dari perundungan. Selain itu, mereka menunjukkan komitmen yang lebih kuat terhadap saling menghormati, empati, dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman. Temuan menunjukkan bahwa sosialisasi yang berbasis ABCD merupakan strategi yang efektif untuk mendorong budaya anti-perundungan yang inklusif dan berkelanjutan di sekolah dasar yang berada di pedesaan.

 

References

Awit Istighfarin, Dyta Noor Aini, & Mifta Khudin. (2024). Sosialisasi Anti-Bullying dengan Metode Kreatif Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Perilaku Baik Siswa Di MI Muhammadiyah Kota Madiun. Jurnal Pengabdian Indonesia, 2(2), 16–24. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/jpi.v1i3.3120

Tiffany Shahnaz Rusli, Yoseb Boari, Dahlia Amelia, Dewi Rahayu, Bambang Setiaji, Suhadarliyah, Syarfina, Ansar, Syahruddin, Amiruddin, & Ika Yuniwati. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat (Muhammad Nur, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://www.researchgate.net/publication/378870237

Didik Daniyantara, Zilan Islami Zulan, Putri Rukman Halim, Maya Adelia, Nurmayanti, Muhammad Guntur Suranbian, & Lestia Wulandini. (2024). Sosialisasi Anti Bullying sebagai Upaya Mencegah Perundungan di SDN 1 Masbagik Timur, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. KREASI : Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hafiyyan Kurniawan, F., Santoso, B., Sobandi, A., Afini Maulana, M., & Dwi Fitrina, G. (2024). Implementasi Asset Based Community Development: Strategi Peran Pemimpin dalam Pemberdayaan Masyarakat berbasis Circular Economic pada Unit Usaha Syariah. Jurnal Nuansa Akademi, 9(1), 197–216.

Izach, S. K., Rochmadi, N. W., & Suhartono, E. (2024). Development of a pocketbook for the prevention of bullying in school. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1529–1544. https://doi.org/10.17509/jik.v21i3.71504

Komang Sukendra, I., & Kadek Surya Atmaja, Mp. I. (2020). Instrumen Penelitian (Teddy Fiktorius, Ed.). Mahameru Press.

Muryani, S., Wibowo, N. Y., Widodo, Y. P., Widhiastuti, R., Keperawatan, P. S., & Ners, D. (2023). Pelaku Dan Korban Bullying Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Kabupaten Tegal. In Jln. Swakarsa III (Vol. 9, Issue 2).

Nisah, K., Meutia, M., & Aini, Z. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Metode Asset-Based Community-Driven Development (ABCD) Dengan Memanfaatkan Limbah Kotoran Sapi Menjadi Biogas Di Aceh Besar. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 372–381. https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i2.57337

Sofiana, P. D., Wahyuni, A. R., Hasanah, S., Putri, D., Seftiana, A., Yogo, A., Pamungkas, D., & Bagus Mananda, A. (2024). Sosialisasi Pencegahan Bullying Sebagai Edukasi Dini di SDN Kudus 02 Kab. Lumajang. In Jurnal Pengabdian Indonesia (Issue 2).

Suharto, Edi. (2020). Membangun masyarakat, memberdayakan rakyat : kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Refika Aditama.

Sulistyawati. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. K-Media.

Ulfadhilah, K., & Nurkhafifah, S. D. (2025). Solusi Parenting Dalam Pembentukan Perilaku Nilai Agama Moral Anak Melalui Pendidikan Islam. RAJULA Journal of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/https://doi.org/00.00000/rajula.v0i0.000

Yusuf, M., Iswanto, J., Fuad, M., Dianto, A. Y., & Fuad U, M. (2023). Pendampingan Metode ABCD Dalam Peningkatan Pemahaman Al-Qur’an Dan Fiqh Dasar Pada Peserta Jamaah Tahlil Di Desa Joho Pace Nganjuk. In Ngaliman Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 2, Issue 2).

Downloads

Published

2025-09-13