Analisis Kesulitan Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus dan Metode Pengajaran di SMPN 46 Surabaya

Authors

  • Thalita Prima Clominda Universitas Negeri Surabaya
  • Imroatuz Zulfa Universitas Negeri Surabaya
  • Angelika Tri Hapsari Universitas Negeri Surabaya
  • Rifka Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Naufal Daffa Aliffian Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memerlukan pendidkan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk memberikan kesempatan serta mengembangkan minat belajar pada seorang anak berkebutuhan khusus sering kali mereka mengalami kesulitan belajar dibanding dengan anak-anak yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar pada anak yang berkebutuhan khusus di SMPN 46 Surabaya seperti anak yang mengalami slow learner (lambat belajar), autism spectrum disorder (ASD), dan tunagrahita (sedang-berat). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, dokumentasi dan analisis dokumen hasil wawancara. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui klasifikasi anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran termasuk penggolongan kelas serta metode pengajaran dalam memberikan pembelajaran, selain itu terdapat hambatan dalam penerapan pembelajaran sehingga memerlukan pendukung yang memadai agar bisa mengoptimalkan proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus.

References

Astuti, P. (2018). Dukungan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Sedang. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 124–131. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4536

Ballerina, T. (2017). Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf. Inklusi, 3(2), 245. https://doi.org/10.14421/ijds.030205

Dewi, R. S. (2019). Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran di SMP Se-Kecamatan MUNTILAN. Skripsi, 1–179.

Dewi, V. P., & Kurniawan, A. (2024). Pola Interaksi antara Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) dengan Anak Non ABK di Lingkungan Sekolah ( Studi di SDN 1 Tanjung , Purwokerto Selatan ). 12(1), 1–13.

Dra. Munaiyah, M. p. (2020). Implementasi Program Pendidikan Inklusif di Kota Padang.

Erni Kurniawati, Andika Rahman, Dewi Kurniawati, & Opi Andriani. (2024). Analisis Problematika Guru dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) terhadap Implementasi Program Pendidikan Inklusi. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.728

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Fitri, M. (2019). Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 353–362. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/12405

Fitriana, S., Diva Maulieftha, A., Puspita Dewi, R., & Nurul Fadillah, C. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Klasikal dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK PERTIWI 1 Kota Bengkulu Tahun 2022. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.1056

Habsy, B. A., Hafizah, M., Salsabila, H., & Melati, S. (2023). Identifikasi Kesulitan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus. Tsaqofah, 4(2), 714–734. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2348

Irawati, S. A. (2023). Sekolah Inklusi antara Kenyataan dan Realita. DIKMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03(June), 354–362. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1979

Ischak, W. I., Badjuka, B. Y., & Zulfiayu. (2019). Modul Riset Keperawatan. 12, 99–119.

Nurfadhillah, S., Anjani, A., Devianti, E., Suci Ramadhanty, N., & Amalia Mufidah, R. (2021). Lamban Belajar (Slow Learner) Dan Cepat Belajar (Fast Learner). PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(3), 416–426. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development, UNY 2014. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 11.

Ramdani, G. (n.d.). MENGEMBANGKAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL.

Ruhansih, D. S. (2017). EFEKTIVITAS STRATEGI BIMBINGAN TEISTIK UNTUK PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS REMAJA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Solihah, U. H., Dyah, E. W., Fitriyah, N., & Saleh, C. (2022). Implementasi Pengelompokan Kelas Berdasarkan Kemampuan Akademik di MI Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 137–146.

Warsono, S. (2019). Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469–476.

Yunita, A. M., Susanti, E. N., & Rizki, R. (2020). Product Dalam Penentuan Klasifikasi Kelas Tunagrahita. 7(2), 78–82.

Downloads

Published

2025-01-25