A, Dikotomi Dikotomi Religiusitas dan Penyimpangan Perilaku Sosial Remaja Desa Limbangan Kecamatan Banyuputih-Batang.

Dikotomi Religiusitas

Authors

  • Bawontri Muayanah Mahasiswa

Keywords:

Islamic Religious Education, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena dikotomi religiusitas dan penyimpangan sosial remaja di Desa Limbangan, Kecamatan Bnayuputih, Kabupaten Batang. Religiusitas umumnya dipahami sebagai tingkat penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Namun, di Desa Limbangan, terdapat fenomena menarik di mana sebagian remaja menunjukkan perilaku religius yang kuat tetapi juga terlibat dalam tindakan-tindakan yang menyimpang dari norma sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya dikotomi ini, antara lain pengaruh lingkungan sosial, keluarga, pergaulan, serta media. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun remaja memiliki kesadaran religius yang tinggi, tekanan dari lingkungan sosial dan pergaulan dapat memicu terjadinya penyimpangan perilaku sosial. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan komunikasi yang efektif dan penguatan peran komunitas serta lembaga pendidikan agama untuk mencegah dan mengatasi fenomena ini.

References

Andriyani, Juli. “Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja.” At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam 3, no. 1 (2020): 86. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.7235.

Ashari, Muh Subhan. “Kebijakan Politik Pendidikan Islam Di Indonesia Pada Masa Reformasi.” An Nur Jurnal Studi Islam VII, no. 2 (2015): 53–72.

Fronika, Winda. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja.” Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Padang., 2019, 1–15. https://osf.io/g8cv2/download.

Julyati Hisyam, Ciek, Ghifari Shafa Darmawan, Muhammad Daffa Adi Prayogo, and Riyan Adhitya Pratama. “Habitus Mempengaruhi Gaya Hidup Dan Identitas Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Menurut Perspektif Bourdieu.” Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa 2, no. 2 (2024): 80–92. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i2.3378.

Mirahayuni, N K, S C Garnida, and ... “Dikotomi € Œdunia Lama†Dan Dunia Modern†Dalam Pandangan Tokoh Remaja Dalam Novel Mandy Hubbard Prada and Prejudice.” … Kajian Kebahasaan & … 17, no. 02 (2017): 21–32. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/1368%0Ahttp://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/download/1368/1143.

Mulyadi. “Tingkah Laku Menyimpang Remaja Dan Permasalahanya.” Al-Taujih 4, no. 23–31 (2018): 1. hhttps://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/509.

Wahyuni, Retno, Etty Soesilowati, and Eva Banowati. “Gaya Hidup Remaja Kelas Menengah Kota Pekalongan.” Journal of Educational Social Studies 5, no. 2 (2016): 97–103. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/14072.

Yusuf, Muhammad. “Dikotomi Pendidikan Islam : Penyebab Dan Solusinya” 1, no. 1 (2021).

Downloads

Published

2024-02-15