PSIKOLOGI PENDIDIKAN: TEORI, PERKEMBANGAN, KONSEP, DAN PENERAPANNYA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN MODERN

Authors

  • Muhammad Ali Hasyimi Muhammad Ali Hasyimi Universita Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry
  • Loeziana Uce Loeziana Uce Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry

Keywords:

Psikologi pendidikan, Teori pendidikan, Penerapan pendidikan modern

Abstract

Psikologi pendidikan adalah bidang studi yang mengintegrasikan konsep dan teori dari psikologi dan pendidikan untuk memahami bagaimana individu belajar, mengajar, dan berkembang di dalam konteks pendidikan. Dalam jurnal ini, kami membahas beberapa konsep dasar dan teori dalam psikologi pendidikan dan bagaimana perkembangan dan penerapannya dapat memberikan manfaat dalam pendidikan modern.Artikel ini menguraikan berbagai teori psikologi pendidikan, termasuk teori kognitif, teori konstruktivis, dan teori pembelajaran sosial. Kami juga membahas tentang perkembangan psikologi pendidikan dari masa lalu hingga sekarang, termasuk sejarahnya, kontribusinya terhadap pengembangan pendidikan modern, dan tren penelitian terkini.Selain itu, kami mengeksplorasi konsep-konsep psikologi pendidikan yang penting untuk dipahami dalam konteks pendidikan, seperti motivasi, kreativitas, dan inteligensi. Kami juga menjelaskan tentang penerapan psikologi pendidikan dalam praktik pendidikan modern, termasuk strategi pengajaran yang efektif, pendekatan penilaian yang sesuai, dan pengembangan program pembelajaran yang inovatif. Dengan mengeksplorasi teori, perkembangan, konsep, dan penerapan psikologi pendidikan, jurnal ini dapat membantu praktisi pendidikan untuk memahami lebih baik bagaimana individu belajar dan berkembang, serta menerapkan pengetahuan psikologi pendidikan secara efektif dalam praktik pendidikan mereka.

References

Ali, M., & Aslam, S. (2019). Impact of technology on education. Journal of Education and Educational Development, 6(1), 1-14.

Bong, M. (2001). Between- and within-domain relations of academic motivation among middle and high school students: Self-concept, task value, and achievement goals. Journal of Educational Psychology, 93(1), 23–34. https://doi.org/10.1037/0022-0663.93.1.23

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How people learn: Brain, mind, experience, and school. National Academy Press.

Clinic & Scientific Publications of Educational Technology. Jurnal TEKPEN, Jilid 1, Terbitan Dewi, N. R. P., & Santosa, S. (2018). Model Konseling Pendidikan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3), 137-144.

Dinata, P. A. C., Rahzianta, R., & Zainuddin, M. (2016). Self regulated learning.

Dumay, X. (2019). Competency-based education and training: a global perspective. European Journal of Education, 54(2), 165-180.

Erikson, E. H. (1950). Childhood and Society. W. W. Norton & Company.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing and managing your school guidance and counseling program. John Wiley & Sons.

https://educhannel.id/blog/artikel/teori-pendidikan-modern.html

https://epsikologi.com/psikologi-pendidikan/Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo, Proceedings of International Research.

M. Musfiqon dan Nurdyansyah. N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo.

Mayer, R. E. (2004). Should there be a three-strikes rule against pure discovery learning? The case for guided methods of instruction. American Psychologist, 59(1), 14-19.

Murdiono, E. (2020). Pendidikan inklusif: Tantangan dan Peluang Mewujudkan Pendidikan Yang Merata. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 8(3), 527-544.

Nizamia. learning center., 41.

Nurdyansyah & Luly Riananda. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve.

Ormrod, J. E. (2012). Educational psychology: Developing learners. (7th ed.). Pearson Education.

Partini, E., & Lestari, P. W. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menanamkan NilaiNilai Moral dalam Pendidikan. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 52-60.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. International Universities Press.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066x.55.1.68

Saloviita, T., & Takala, M. (2019). Inclusive Education in Finland: How to Implement Inclusive Teaching Practices. Journal of Education and Learning, 8(2), 20-34.

Santrock, J. W. (2019). Educational Psychology (6th ed.). McGraw-Hill Education.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective. Pearson. Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2014). Motivation in education: Theory, research, and applications (4th ed.). Pearson. strategi membangun kemandirian peserta didik dalam menjawab tantangan abad.

Woolfolk, A. (2018). Educational psychology: Active learning edition (14th ed.). Pearson Education.

Published

2025-02-22