PENGARUH PENGGUNAAN LAGU DAN GERAKAN TERHADAP PENINGKATAN KOSAKATA ANAK USIA DINI DI PAUD AL-FATH, KABUPATEN ACEH SINGKIL
Keywords:
songs, movements, vocabulary, early childhood, early childhood educationAbstract
This study aims to analyze the effect of using songs and movements on increasing the vocabulary of early childhood at PAUD AL-FATH, Aceh Singkil Regency. The method used in this study is a quantitative method with a quasi-experimental design. The research sample consisted of 30 children aged 4-5 years, which were divided into an experimental group and a control group. The experimental group was taught using songs and movements, while the control group used conventional methods. The results showed that the children in the experimental group experienced a significant improvement in vocabulary mastery compared to the control group. Thus, songs and movements can be used as an effective strategy in increasing the vocabulary of young children.
References
Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum, S. (2015). Penelitian tindakan kelas.
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & ... (2019). Stimulasi perkembangan bahasa anak usia dini melalui lagu kreasi minangkabau pada anak usia dini. … Anak Usia Dini Dan …. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/3377
Erwanda, D. R., & Sutapa, P. (2023). Pengembangan media permainan tradisional gobak sodor untuk meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3323–3334.
Fadlillah, M. (2023). Analisis Teori Kecerdasan Majemuk dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Attractive: Innovative Education Journal, 5(1), 350–357.
Fatimah, A., Mahmudah, E., Herawati, H., & ... (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Pengembangan Kosa Kata Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bernyanyi. JIIP-Jurnal Ilmiah …. http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/2107
Hanafi, M. Z. (2019). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini.
Inten, D. N. (2018). Meningkatkan penguasaan kosakata anak usia dini melalui puisi lagu anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/golden_age/article/view/4437
Kamila, K., Taufiqulloh, T., & Prihatin, Y. (2024). Penerapan Metode Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Kosakata dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di PAUD Formal. Journal of Education Research. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/1444
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. Nusantara, 3(2), 150–165.
Muhammad, I., Darmayanti, R., & Sugianto, R. (2023). Teori Vygotsky: Kajian bibliometrik penelitian cooperative learning di sekolah dasar (1987-2023). Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 81–98.
Pentury, H. J. (2018). Pemanfaatan Literasi TIK melalui Peran Lagu dalam Mengembangkan Kosakata Anak. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/2889
Piaget, J., & Cook, M. (1952). The origins of intelligence in children (Vol. 8, Issue 5). International universities press New York.
Pohan, S., Irmayana, A., Husainah, N., & ... (2022). Memperkenalkan vocabulary melalui lagu pada anak SD. Jurnal Adam: Jurnal …. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/386
Setyawati, I. G. (2019). Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Baahasa Inggris Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Psikomotorik Siswa Sd Islam Terpadu Kota Sorong Syams Kusumaningrum. Jurnal Pendidikan, 7(1).
Wahyuningsih, S. (2019). Kreasi lagu anak berbahasa Inggris (nursery rhymes) sebagai media untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia dini. In … Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Rhaudhatul Athfal. academia.edu. https://www.academia.edu/download/116119508/pdf.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuryatin Nuryatin, Sarlina Sarlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.