PENERAPAN PENDEKATAN REBT (RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Zamila Wavia Zamila Wavia Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh

Keywords:

Emotif Behaviour Therapy, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pentingnya penerapan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar yang tinggi merupakan faktor krusial yang memengaruhi kinerja siswa dalam proses pembelajaran. Ketika siswa merasa termotivasi, mereka cenderung belajar dengan lebih giat, tekun, dan dapat berkonsentrasi penuh pada materi yang dipelajari. Inisiatif untuk mendorong motivasi belajar di lingkungan sekolah menjadi sangat penting dalam upaya meningkatkan efektivitas pendidikan. Dalam konteks ini, REBT muncul sebagai salah satu pendekatan yang berpotensi efektif dalam membantu siswa mengoptimalkan potensi mereka dalam belajar. Metode analisis isi digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber yang relevan, dengan fokus pada konsep REBT dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan REBT mampu mengubah pemikiran irasional menjadi rasional, meningkatkan kepercayaan diri, dan mencapai kesejahteraan psikologis, yang semuanya merupakan faktor penting dalam memotivasi siswa untuk belajar. Melalui penerapan REBT, siswa yang awalnya memiliki motivasi rendah dapat mengalami peningkatan motivasi dan kinerja belajar mereka. Dengan demikian, pendekatan ini memiliki dampak positif yang signifikan pada prestasi akademik siswa. Ini menunjukkan bahwa REBT bukan hanya relevan dalam konteks pengembangan pribadi, tetapi juga dalam konteks pendidikan, di mana motivasi belajar memainkan peran kunci dalam kesuksesan akademik siswa. Dengan demikian, integrasi REBT dalam lingkungan pendidikan dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi siswa secara keseluruhan.

Downloads

Published

2024-06-26