PEMANFAATAN LAGU MANHAJI UNTUK MEMUDAHKAN MAHASISWA MENGHAFAL NAHWU DAN SHAROF DALAM BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i1.166Keywords:
inovasi, Pembelajaran Bahasa Arab, LaguAbstract
Metode Manhaji menggunakan lagu sebagai media inovatif untuk pembelajaran Nahwu dan Shorof. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi dan efektivitas metode Manhaji di Pondok Pasantren Al-Fitiyan, Tibang Syiah Kuala Banda Aceh. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan motivasi belajar, dan mempermudah santri dalam menghafal serta memahami kaidah Nahwu dan Shorof. Lagu dengan irama yang menarik menjadi alat bantu yang efektif dalam meningkatkan daya ingat dan retensi materi. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab yang lebih inovatif dan efektif di pesantren diseluh Aceh.
References
Al-Hamdi, R., & Khairiyah, M. (2023). Efektivitas Pendidikan Politik Tingkat SMA/Sederajat dengan Aplikasi E-Pemilos di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(1), 43–57.
Albantani, A. M. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa arab di madrasah ibtidaiyah. In Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan …. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/Azkia-Albantani/publication/298333967_IMPLEMENTASI_KURIKULUM_2013_PADA_PEMBELAJARAN_BAHASA_ARAB_DI_MADRASAH_IBTIDAIYAH/links/56ebcd3b08ae2a58dc4a9b36/IMPLEMENTASI-KURIKULUM-2013-PADA-PEMBELAJARAN-BAHASA-ARAB-DI-MADRASA
Amanah, A. L. (2024). Pengaruh metode bernyanyi terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab di sekolah Madrasah Ibtidaiyah. In Maliki Interdisciplinary Journal.
Firdaus, S., & Hafidah, S. (2020). Mnemonik: Solusi kreatif untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Palapa. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/700
Kamila, K., Taufiqulloh, T., & Prihatin, Y. (2024). Penerapan Metode Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Kosakata dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di PAUD Formal. Journal of Education Research. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/1444
Lestari, A. A., & Erik, E. (2017). Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris. In Jurnal Pelita PAUD.
Mufidah, N. (2019). Pengajaran bahasa Arab menyenangkan dengan media lagu untuk Madrasah Ibtidaiyah. Al-Mudarris: Journal Of Education. http://repository.uin-malang.ac.id/11812/
Notobroto, H. B. (2021). Membimbing Disertasi.
Rahmah, S. (2024). Integrasi budaya Arab dalam pembelajaran bahasa Arab pada lembaga pendidikan Islam: Manfaat dan tantangannya. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15437–15444.
Rifa’i, M., Hasanah, I., Zubairi, Z., & Sa’ad, M. (2022). Implementasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bahasa Arab:(Studi Kasus di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo). TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 68–82.
Romadhon, A., Abusyairi, K., Murdani, E., & ... (2023). Efektivitas Media Lagu Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengusaan Mufrodat Siswa MTs Negeri Samarinda. … in Teaching Strategies …. https://journalweb.org/ojs/index.php/Al-Kautsar/article/view/34
Sholikhah, M. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Roudlotut Tholibin Metro TP. 2018/2019. IAIN Metro.
Skinner, J. C., & Street, H. E. (1954). Studies on the growth of excised roots. II. Observations on the growth of excised groundsel roots. The New Phytologist, 53(1), 44–67.
Sudirman, S., Nursyamsi, N., & Mirnawati, M. (2024). Bernyanyi untuk Belajar: Mengoptimalkan Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Bernyanyi. Socratika: Journal of …. https://ssed.or.id/journal/socratika/article/view/204
Sutri, E., Berliani, D., Jailan, M., & ... (2024). Metode bernyanyi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di SD Islam Al-Ghaffaar. Borneo Journal of …. http://repository.uin-malang.ac.id/20172/
Syaefudin, F., Syamsiyah, D., & Barokah, A. (2023). Pembelajaran Maharah Lugawiyah Mahasiswa Terintegrasi Empat Maharah di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Mas Said Surakarta. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 1–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zikrullah Nuzuli Zikrullah Nuzuli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.