Keteladanan Guru Dalam Mewujudkan Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Lhokseumawe

Authors

  • Muhammad Iqbal MIN 3 Kota Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.3

Keywords:

Manajemen, Pendidikan Karakter, Akhlakul Karimah

Abstract

Permasalahan karakter/sifat peserta didik sehari-hari di sekolah maupun di rumah yang masih belum teratasi,  sehubungan   dengan  hal   tersebut,   penelitian   ini   bertujuan   untuk mengetahui   manajemen   pendidikan   karakter   dalam mewujudkan   peserta  didik   yang berakhlakul karimah di MIN 3 Kota Lhokseumawe. Perencanaan pendidikan karakter dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai dan moralitas kepada peserta didik. Nilai-nilai dan moralitas tersebut disesuaikan dengan visi, misi madrasah. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan antara lain: relegius, kejujuran, kerja keras, cerdas, dan peduli. Pengorganisasian pendidikan karakter telah berjalan dengan baik, dimana para guru/pengajar sebagai model teladan bagi peserta didik di madrasah telah mencontohkan kepada peserta didik dari kedisiplinan, tutur kata yang sopan/baik dengan semua orang hingga pakaian yang rapi dan sopan. Nilai-nilai dan moralitas tersebut dilaksanakan secara   bermacam-macam   sesuai   dengan   gaya   guru   masing-masing. Pengarahan pendidikan karakter dilakukan meliputi kegiatan meningkatkan  hubungan pendidik dengan peserta didik, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan pendapat, dan  memberikan  motivasi  kepada  peserta  didik. Pengendalian  pendidikan  karakter dilakukan dengan memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk pengembangan nilai dan literasi moral. Keterampilan tersebut antara lain yaitu: keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking) yang positif, keterampilan   berpikir   kreatif,   keterampilan   berkomunikasi   secara   jelas,   keterampilan menyimak, dan pembiasaan akhlakul karimah.

 

References

Abdullah M. Yatimin, Studi Akhlak dalam Perspektif Al Qur’an, Jakarta: Amzah, 2008.

Aisyah, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya, Jakarta: Kencana, 2018.

Machali Imam, Dinamika Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: UIN Sunin Kalijaga, 2012.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Rasyid Abdullah, Akidah Akhlak, Bandung: Husaini, 1989.

Supadi, Pengantar Studi Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Suyanto, Artificial Intelligence, Bandung: Informatika, 2011.

Zuchdi, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: UNY Press, 2015.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-06-30

Versions

How to Cite

Iqbal, M. . (2022). Keteladanan Guru Dalam Mewujudkan Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Lhokseumawe. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.3