Mau’izah; Strategi Implementasi Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam

Authors

  • Qadriyah Qadriyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i1.30

Keywords:

Mau’izah, pembelajaran biologi, integrasi, nilai-nilai Islam

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya bukanlah untuk sebatas alih pengetahuan dan keterampilan (transfer of knowledge  and skill) saja, tetapi di dalamnya terkandung juga alih nilai-nilai (transfer of value). Pentingnya penanaman nilai yaitu nilai-nilai Islam tidak hanya dilakukan melalui pelajaran agama dan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan saja. Penanaman nilai-nilai Islam tersebut dapat juga dilakukan melalui mata pelajaran umum termasuk mata pelajaran biologi. Perlu ditemukan strategi yang tepat dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran biologi. Kurikulum 2013 memberikan peluang dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam melalui berbagai mata pelajaran yang menjadi muatan kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh dengan responden guru biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan  observasi, wawancara dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian bertujuan untuk menemukan cara yang ditempuh dalam melaksanakan pembelajaran biologi yang terintegrasi nilai-nilai Islam. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa integrasi pembelajaran biologi dengan nilai-nilai Islam diimplementasi kan melalui mau’izah ( nasihat). Melalui mau’izah ini pendidik mengajak peserta didik untuk dapat menyayangi, mencintai, patuh dan berbakti kepada orang tua, ayah dan ibu dan memuliakan keduanya dengan sebaik-baik perlakuan.

References

Ahmad Tafsir , Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam ( Bandung: Remaja Rosda karya 2007)

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium baru, (Ciputat: LOGOS Wacana Ilmu, 2003),

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, 2016, Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014.

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat, (Jakarta : Kencana,2014).

Loeloek Endah Poewarti dan Sofan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013, Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Masa Depan,( Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013),

Noeng Muhadjir, Metodologi keilmuan: Paradigma Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2007).

Permendikbud Nomor 59 tahun 2014; Kurikulum 2013.

Qiqi Yuliati Zakiah dkk, Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah (Bandung: Pustaka Setia , 2014)

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Afabeta, 2011).

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Qadriyah, Q. (2023). Mau’izah; Strategi Implementasi Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam . Jurnal Ikhtibar Nusantara, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i1.30