Analisis SWOT pada Pemasaran Jasa Syariah di Sekolah TK Khalifah Kota Banda Aceh

Authors

  • Yusniar Yusniar Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI) TGK. CHIK PANTE KULU Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i1.32

Keywords:

Pemasaran Jasa, Matrik swotifes, efes

Abstract

Pemasaran jasa beberapa tahun belakangan ini terus berkembang. Dalam pengertian yang lebih komprehensif pemasaran dapat dipandang sebagai proses menciptakan nilai tambah dan menghantarkannya kepada pemangku kepentingan sehingga pemasaran juga dapat difokuskan kedalam instansi public juga dalam dunia Pendidikan seperti sekolah taman kanak kanak. Maknanya, diperlukan kemampuan mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan masyarakat sehingga pengusaha dapat menyusun seperangkat value proposition untuk menjawab tantangan dalam masyarkat. TK dan PG Khalifah didirikan oleh Ippho Santosa,  penulis, penerima penghargaan MURI . Didirikan pada tahun 2007 di Batam di bawah naungan Yayasan Khalifah Generasi Emas. Kemudian  berkembang menjadi 80 cabang di seluruh Indonesia dengan konsep kemitraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan oleh TK Khalifah dalam bersaing yaitu dengan menggunakan strategi marketing mix 4P, yaitu strategi jasa, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi.

References

Abdullah Al-Muslih. Menjadi Muslim Kaffah. Bandung:Mitra Pustaka. 2004

Abdullah, Boedi, dan Beni Ahmad Saebani. Metode Penelitian Ekonomi Islam Muamalah. Bandung: Pustaka Setia, 2014

Alma, B., & Priansa, D. J. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta. 2011

Asnawi, N., & Fanani. Pemasaran Syariah Teori, Filosofi, dan Isu-Isu Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers. 2017

Assauri, S. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013

Basrowi & Suwandi. Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja grafindo Persada. 2007

Boone, Louis E, Kurtz, David L. Pengantar Bisnis Kontemporer, buku 1. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Boyd, Harper W., Orviller C. Walker dan Jean Claude Larreche, Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga, 2000.

Buchari Alma. Manajemen Bisnis Syariah. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta Bandung, 2014

Dirgantoro, F. Manage Your Career, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2004

Fahmi, dkk. HRD Syariah Teori dan Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah. Jakara: Gramedia Pustaka Utama, 2014

Ferrel,O,C and D, Harline, Marketing Strategy, South Western: Thomson Corporati, 2015

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2014

Hubeis, Musa dan Najib, Mukhamad. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2014.

Karti Soeharto, dkk., Tehnologi Pembelajaran (Pendekatan Sistem , Konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar Media ). Surabaya:Surabaya Intelectual Club, 2003.

Kertajaya, H., & Sula , M. S. Syariah Marketing. Bandung:Mizan, 2008

Kothler.Philip dan Gray Amstrong Penerjemah Alexander Sindoro, Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta: PT Indeks, Edisi ke-9, Jilid 1,2004

Kotler Philip (edisi kesebelas : jilid satu). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks. 2015

Kurniawan, Albert. Metodelogi Riset untuk Ekonomi dan Bisnis: Teori,Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis.2014

Manullang, Muhammad dan Manuntun Pakpahan, Manajemen Pemasaran Dalam Kompetetisi Global. Medan, 2013

Muhammad. Metodelogi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada, 2013

Pearce A. John. Manajemen Strategis. Jakarta : Salemba Empat, 2007

Philip Kotler, dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, (Jakarta:Indeks, 2009

Richard L. Daft, Era baru Manajemen, Edward Tanujaya, Edisi 9, Salemba Empat, 2010

Rivai, Abdul dan Darsono Prawironegoro Manajemen Strategis Kajian Keputusan Manajerial Bisnis Berdasar Perubahan Lingkungan Bisnis Ekonomi, Sosial, dan Politik. Jakarta: Mitra Wacana Media. 2015

Robert W. Bradford, Peter Duncan dan Brian Tarcy, Simplified Strategic Planning:A Nonsense Guide for Busy Who Want Result Fast(New York: McGraw Hill, 2007

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2015

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta. 2010

Sunyoto, D. Teori, Kuesioner, & Analisis Data (Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen). Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013

Suwartono. Dasar-DasarMetodelogi PenelitianYogyakarta:CV Andi Offset, 2014.

Swastha Basu & Handoko Hani T.Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen.Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta Anggota IKAPI, 2014.

Swastha Basu & Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta:Liberty Yogyakarta. 2008.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Yusniar, Y. (2023). Analisis SWOT pada Pemasaran Jasa Syariah di Sekolah TK Khalifah Kota Banda Aceh. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 2(1), 62–77. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i1.32