Analisis SWOT pada Pemasaran Jasa Syariah di Sekolah TK Khalifah Kota Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i1.32Keywords:
Pemasaran Jasa, Matrik swotifes, efesAbstract
Pemasaran jasa beberapa tahun belakangan ini terus berkembang. Dalam pengertian yang lebih komprehensif pemasaran dapat dipandang sebagai proses menciptakan nilai tambah dan menghantarkannya kepada pemangku kepentingan sehingga pemasaran juga dapat difokuskan kedalam instansi public juga dalam dunia Pendidikan seperti sekolah taman kanak kanak. Maknanya, diperlukan kemampuan mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan masyarakat sehingga pengusaha dapat menyusun seperangkat value proposition untuk menjawab tantangan dalam masyarkat. TK dan PG Khalifah didirikan oleh Ippho Santosa, penulis, penerima penghargaan MURI . Didirikan pada tahun 2007 di Batam di bawah naungan Yayasan Khalifah Generasi Emas. Kemudian berkembang menjadi 80 cabang di seluruh Indonesia dengan konsep kemitraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan oleh TK Khalifah dalam bersaing yaitu dengan menggunakan strategi marketing mix 4P, yaitu strategi jasa, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi.
References
Abdullah Al-Muslih. Menjadi Muslim Kaffah. Bandung:Mitra Pustaka. 2004
Abdullah, Boedi, dan Beni Ahmad Saebani. Metode Penelitian Ekonomi Islam Muamalah. Bandung: Pustaka Setia, 2014
Alma, B., & Priansa, D. J. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta. 2011
Asnawi, N., & Fanani. Pemasaran Syariah Teori, Filosofi, dan Isu-Isu Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers. 2017
Assauri, S. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Basrowi & Suwandi. Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja grafindo Persada. 2007
Boone, Louis E, Kurtz, David L. Pengantar Bisnis Kontemporer, buku 1. Jakarta: Salemba Empat, 2008.
Boyd, Harper W., Orviller C. Walker dan Jean Claude Larreche, Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga, 2000.
Buchari Alma. Manajemen Bisnis Syariah. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta Bandung, 2014
Dirgantoro, F. Manage Your Career, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2004
Fahmi, dkk. HRD Syariah Teori dan Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah. Jakara: Gramedia Pustaka Utama, 2014
Ferrel,O,C and D, Harline, Marketing Strategy, South Western: Thomson Corporati, 2015
Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2014
Hubeis, Musa dan Najib, Mukhamad. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2014.
Karti Soeharto, dkk., Tehnologi Pembelajaran (Pendekatan Sistem , Konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar Media ). Surabaya:Surabaya Intelectual Club, 2003.
Kertajaya, H., & Sula , M. S. Syariah Marketing. Bandung:Mizan, 2008
Kothler.Philip dan Gray Amstrong Penerjemah Alexander Sindoro, Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta: PT Indeks, Edisi ke-9, Jilid 1,2004
Kotler Philip (edisi kesebelas : jilid satu). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks. 2015
Kurniawan, Albert. Metodelogi Riset untuk Ekonomi dan Bisnis: Teori,Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis.2014
Manullang, Muhammad dan Manuntun Pakpahan, Manajemen Pemasaran Dalam Kompetetisi Global. Medan, 2013
Muhammad. Metodelogi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada, 2013
Pearce A. John. Manajemen Strategis. Jakarta : Salemba Empat, 2007
Philip Kotler, dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, (Jakarta:Indeks, 2009
Richard L. Daft, Era baru Manajemen, Edward Tanujaya, Edisi 9, Salemba Empat, 2010
Rivai, Abdul dan Darsono Prawironegoro Manajemen Strategis Kajian Keputusan Manajerial Bisnis Berdasar Perubahan Lingkungan Bisnis Ekonomi, Sosial, dan Politik. Jakarta: Mitra Wacana Media. 2015
Robert W. Bradford, Peter Duncan dan Brian Tarcy, Simplified Strategic Planning:A Nonsense Guide for Busy Who Want Result Fast(New York: McGraw Hill, 2007
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2015
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta. 2010
Sunyoto, D. Teori, Kuesioner, & Analisis Data (Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen). Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013
Suwartono. Dasar-DasarMetodelogi PenelitianYogyakarta:CV Andi Offset, 2014.
Swastha Basu & Handoko Hani T.Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen.Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta Anggota IKAPI, 2014.
Swastha Basu & Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta:Liberty Yogyakarta. 2008.