Pengembangan Karakter Peserta Didik Berbasis Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Athiyah Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.40Keywords:
Pendidikan Islam, integrasi kurikulum, partial kurikulumAbstract
Penelitian ini berasumsi bahwa ajaran agama dapat menjadi fondasi dan dasar bagi pendidikan karakter. Penelitian ini berusaha membuktikan kebenaran asumsi tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriptif analisis. Data-data diperoleh dengan wawancara, pengamatan, kajian terhadap dokumen sekolah. Wawancara dilakukan terhadap sejumlah informan, mulai dari siswa, guru, orang tua siswa, serta masyarakat sekitar sekolah. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa siswa yang telah mengikuti pembelajaran Pendidikan agama Islam tidak mengalami perubahan dari segi karakter, hal ini disebabkan subtansi dan pembelajaran Pendidikan agama Islam tidak ada hubungan dengan pembentukan karakter siswa
References
Al-Hamdani, D. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Bernuansa Islam. Bandung: Nuansa Cendekia.
Al-Qarni,M.U.(2018,September 11). ekhardhi.blogspot.com/2010/12/pelaksanaan.
from ekhardhi.blogspot.com: http://ekhardhi.blogspot.compelaksanaan.html
Aqib, H. Z., & Amrullah, A. (2017). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Penerbit Gava Medika.
Aqila, Z., & Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yram Widya.
Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Fahlevi, D. (2016). Paradigma: Awal dan Kesuksesan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gunawan,H.(2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-Hari.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayatulloh, M. F. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
Versions
- 2023-12-06 (2)
- 2023-04-17 (1)