Penerapan PAIKEM Dalam Mata Pelajaran Fiqih pada MTsN 5 Lhoong Kabupaten Aceh Besar

Authors

  • Hazal Fitri Hazal Fitri STAI Tggk Chik Pante Kulu, Kota Banda Aceh, Indonesia
  • Sarniyati Yusmanita Sarniyati Yusmanita STAI Tggk Chik Pante Kulu, Kota Banda Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.59

Keywords:

Penerapan, Paikem, Pembelajaran, Fiqih

Abstract

Pendidikan adalah proses untuk merancang out put siswa sehingga mereka dapat beradaptasi sebaik mungkin dengan lingkungan dan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Tanpa pendidikan, kehidupan manusia tidak akan pernah maju dan berkembang. Sukses pengajaran tidak hanya tergantung pada guru yang menguasai materi tetapi juga sangat banyak pada bagaimana guru menggunakan metode yang benar. Dalam hal ini, penulis mengangkat judul tentang penerapan PAIKEM dalam pembelajaran Fiqih. Tetapi apa yang menjadi rumus dari masalah ini adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana menerapkan strategi PAIKEM pada subyek fiqih di MTsN 5 Lhoong Aceh Besar; kedua, faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat untuk implementasi PAIKEN dalam subjek Fiqi di MTsN 5 Lhuong Aceh besar; dan ketiga, apa saja upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih dan stakeholder sekolah dalam mengaplikasikan PAIKEK di Mts N 5 Lhong Aceh Besar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dari analisis kualitatif dan alat pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan studi, serta dokumentasi. Lokasi penelitiannya disesuaikan dengan MTS N 5 Lhong Ace Besar. Di antara hal-hal lain: (a) mata pelajaran fiqh yang lebih praktis; (b) umumnya, siswa mempelajari buku di malam hari di ruang tamu dan di tepi pantai; (c) minat tinggi siswa dalam belajar fiqih; (d) dukungan orang tua dalam studi agama; (e) sekolah terletak jauh dari kerumunan dan pasar. Ketiga, upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih dalam implementasi PAIKEM di MTsN 5 Lhoong Aceh Besar adalah melalui analisis siswa, menentukan tujuan belajar, memilih metode, penggunaan media, administrasi kelas, dan evaluasi proses belajar.

References

Anwar Arifin, (2005), : Paradigma Baru Pendidikan Nasional UU No.20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta: Balai Pustaka.

Depag RI, (2004), : Kurikulum 2004 Standar Kompetensi MTsN Mata Pelajaran Fiqih, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agamma Islam.

Durori, Mohaimin, (2002) : Model BelajarMandiri dalam Pembelajaran Aktif, Inovatif,Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM), Banyumas: Mitra Mas.

Cahyo Budi U. (2018). Manajemen Pembelajaran. Semarang: UNNES PRESS.

Hamalik, Oemar. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hisyam Zaini, dkk, (2008) : Strategi Pembelajaran Aktif, Yokyakarta: CTSD.

Ismail, (2008), : Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan), (Semarang : Rasail Media Group,

Muhammad Hasyim, (2001). : Penentuan Dasar Kaidah Penelitian Masyarakat, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Moleong, Lecxy J, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja Karya

Riinawati, (2021). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Thema Publising

Sa’ud, Udin Syaefudin. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Pendidikan pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunhaji, (2009), : Strategi Pembelajaran, Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar, Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Umaedi, (2008), : Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Directorate Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Directorate Pendidikan Menengah Umum.Indonesia, Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Hazal Fitri, H. F., & Sarniyati Yusmanita, S. Y. (2023). Penerapan PAIKEM Dalam Mata Pelajaran Fiqih pada MTsN 5 Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.59