Fungsi dan Kedudukan Bahasa Inggris Dalam Komunikasi Bisnis

Authors

  • Saparripin Idris Saparripin Idris Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nusantara Kota Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.62

Keywords:

Fungsi, Bahasa Inggris, Komunikasi Bisnis

Abstract

Tanpa memandang  perbedaan dalam memandang peran bahasa Inggris, jelas bahwa dalam mengantisipasi era globalisasi dan informasi, fungsi bahasa Inggris (terutrama dalam bisnis) pasti akan menjadi sangat penting. Bahasa Inggris menjadi bahasa asing di Indonesia (Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknology), bahasa Inggris telah memegang peran penting dalam menigkatkan dan mengembangka negara. Perkembangan penggunaan bahasa Inggris di Indonesia tidak akan memberikan dampak negative terhadap pertumbuhan Indonesia sebagaimana bahasa Nasional kita selama bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa resmi.  Ketika bahasa Inggris menjadi bahasa komunikasi Internasional bahwa  kebutuhan nyata untuk menguasainya juga menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Tanpa penguasaan penuh bahasa Inggris, bahasa Indonesia bisa kehilangan peluang memenangkan persaingan di dunia bisnis lebih khusus lagi di pasar bebas. Untuk mempercepat proses penguasaan bahasa Inggris metode pengajaran bahasa Inggris di semua tingkatan harus dirubah secara drastis.  Pembatasan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi yang diperlukan, seperti dalam bisnis harus dihindari. Para pengambil kebijakkan bahasa harus membiarkan bahasa Inggris tumbuh dan berkembang secara alami sebagai bahasa komunikasi Internasional, khususnya dalam bisnis dan teknologi).

References

Aqib, Zainal dkk., Metodologi Penelitian Pendidikan, CV. Andi Yogyakarta, 2019.

Baehaqi, Imam, A Handbook of English Grammar, Panduan Lengkap dan Praktis Belajar Tata Bahasa Inggris, CV. Media Ilmu, Yogyakarta, 2009.

Christain, K. The Development of Modern Language Skills: Theory in Practice Philadelphia: The Center for Curriculum Development, Inc. 1971.

Ferguson, CA. “On Sociologically Riented Language Surveys”. The Linguistic Reporter, 1966.

Fsihman, Joshua A., Socioliguistics, Rowley: Newbury House Publishers, 1971.

Finocchiaro, Mar. English As A Second/Foreign Language, New Jersey: Prent Hall, Inc., 1986.

Gregory, O.D. Three Projects in English Instruction in Indonesia, Jakarta P & K, 1964.

Markckwardt, A.H., and Randolph Quirk. 1965. A Common Language, Washington, D.C.: U.S.I.S., 1965.

Michel, J., Foreign Language Teaching. New York: The Mac Millan Company, 1967.

Perren. G.P. Teacher of English As A Second Language. Cambridge: Cambridge University Press, 1968.

Rivus, V.M. Teaching Foreign Language Skills. Chicage: The University Chicago Press, 1968.

Seiler, William J. Communication: Foudations, Skills and Applications. New York: Harper Collins College Publishers, Inc., 1996.

Suryabrata, Sumadi., Metodologi Penelitian, PT. Radjagrafindo Persada, Depok, 2012.

Thomas, R.M. Strategies for Curriculum Change: Case from 13 Nations. Sraton International Textbook Coy, 1968.

UNESCO. Regional Meeting of Experts on Teaching of English in Asia. Tokyo: Japanese National Commision fo UNESCO, 1971.

Valdman, A. Trends in Language Teaching. New York: McGraw Hill Book Company, 1966.

Wardhaugh, R.V. Introduction to Lingusitics. New York: McGraw Hill Book Company, 1971.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Saparripin Idris, S. I. (2023). Fungsi dan Kedudukan Bahasa Inggris Dalam Komunikasi Bisnis. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 2(2), 122–137. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.62