Relevansi Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Agama Islam Dengan Pembelajaran di SMA Kabupaten Pidie
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.8Keywords:
Standar Kompetensi Lulusan, Pembelajaran, , Pendidikan Agama IslamAbstract
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam. Untuk Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Standar kompetensi lulusan mencakup lima aspek al-Qur’an, keimanan, akhla mulia, fiqh dan sejarah kebudayaan Islam. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas diharapkan mempunyai relevansi dengan SKL PAI agar mampu menghasilkan peserta didik yang berprilaku baik, menghayati nilai-nilai ajaran agama serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun realitanya banyak siswa-siswa SMA yang mempunyai perilaku yang kurang berakhlak baik kepada guru, orang tua, kenakalan remaja, dan meninggalkan atau mengabaikan kewajiban sebagai umat beragama Islam, seperti shalat. Fokus penelitian ini tertuju pada pembelajaran PAI yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaannya dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi dan analisanya bersifat kualitatif berupa deskripsi kata-kata tidak dalam bentuk statistik. Hasil peneltian menunjukkan bahwa: Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru PAI di SMA di Kabupaten Pidie sudah relevan dengan SKL PAI. Hal ini karena perencanaan pembelajaran yang dibuat memiliki kesamaan baik dalam struktur dan kegiatan pembelajaran yang ada dalam kurikulum. 2) Pelaksanaan pembelajaran sesudai sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang ada silabus dan RPP. Evaluasi pembelajaran untuk ranah kognitif dilakukan berbasis pada paper and pen test. Dari segi penilaian afektif belum sepenuhnya relevan karena belum dilakukan secara integral dengan perilaku siswa di luar sekolah (masyarakat).
References
A. Fatah Yasin, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang, UIN Malang Press, 2008
Abdul Madjid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006
Abdul Madjid, Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2006
Abdurrahman dan Kasinyo Harto, Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Rjanah Afektif di SMU Negeri 6 Palembang, dalam Conciencia, Volume VI, NO.1 Juni, 2006
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung, Rosdakarya, 2005
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara, 2007
Ichlasul Amal, Pengembangan Pendidikan Agama Islam dan Kajian Agama di Perguruan TInggi, dalam Nurkhalis Madjid, dkk, Dinamika Pemikiran Islam Di Perguruan Tinggi, Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 2002
Jamaluddin Idris, Teknik Evaluasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran, Bandung, Cita Pustaka Media Perintis, 2011
Kunandar, Menjadi Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta, RajaGrafindo Persada, 2008
M. Kom. I, F., & S.Pd.I., MA, A. (2018). Peranan Teungku Dalam Tradisi Kependidikan Islam Di Aceh. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(1).
Masnur Muslich, KTSP Dasar-dasar Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta, Bumi Aksara, 2011
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta, Rajawali Pers, 2007
Muhaimin, Sutiah dan Sugeng Listyo Prabowo, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah dan Madrasah, Jakarta, Rajawali Pers, 2008
Muhammad Nurdin, & Amiruddin. (2019). Praktek Konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Islami di MAS Kuta Makmur Aceh Utara. Jurnal Al-Fikrah, 8(1).
Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Misaka Galiza, 2003
Rahmat Ikbal, & Amiruddin. (2015). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Penbentukan Akhlak Peserta Didik di SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 4(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.