Pemikiran Harun Nasution Tentang Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.81Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Pembaharuan Pendidikan, Harun NasutionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara teoritis dan mendalam mengenai implementasi teori pembaharuan pendidikan Islam menurut Harun Nasution dalam menghadapi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yang lebih memfokuskan pada pengolahan teoritis dan filosofis dibandingkan dengan data empiris di lapangan. Sumber data utama adalah buku-buku, artikel, jurnal karya Harun Nasution, serta sumber lain yang relevan dengan problematika PAI di sekolah. Analisis data dilakukan menggunakan analisis bahasa dan hermeneutik, serta dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori pembaharuan pendidikan Islam menurut Harun Nasution, yang menekankan peran akal, pembaharuan teologi, dan korelasi antara akal dan wahyu, sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia. Implementasi teori ini dalam pembelajaran PAI mencakup metode pembelajaran yang lebih terbuka dan demokratis, integrasi ilmu pengetahuan modern dalam kurikulum, pembentukan lingkungan pendidikan yang Islami, serta peningkatan kompetensi guru. Dengan menerapkan konsep-konsep ini, diharapkan pembelajaran PAI dapat lebih efektif dalam membentuk karakter dan intelektual peserta didik, sehingga menghasilkan generasi Muslim yang cerdas, kritis, dan berakhlak mulia.
References
Abdullah, A. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 166-191.
Adnan, M. (2020). Menapaki Sejarah Pemikiran Dalam Teologi Islam. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 32–46
Amiruddin, Konsep pendidikan akhlak menurut Mahmud Yunus, Lhokseumawe: Yayasan Madinah Al-Aziziyah, 2018.
Anggito, A., & Setiawan, J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta. CV Jejak (Jejak Publisher, 2018.
Aulia, N., 2021. Solusi Terhadap Problematika PAI di Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), h.1070-1085.
Aulia, N., 2021. Solusi Terhadap Problematika PAI di Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), h.1070-1085.
Harahap, A., 2017. Modernisasi Pendidikan Islam Dan Pemikiran Keislaman Di Indonesia. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 4(2), h.135-150.
Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2), h. 179–188.
Lexi J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Rusli, T. S., & Boari, Yoseb; Amelia, D. A. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.