MODEL KEPEMIMPINAN ISLAMI ORANG TUA : MENUJU PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK

Authors

  • Iskandar Iskandar Universitas Almuslim
  • Syarkawi Syarkawi Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v3i1.82

Keywords:

Kepemimpinan, Pendidikan, karakter, Islami

Abstract

Pembentukan kepribadian manusia memegang peranan utama dalam pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Pendidikan semata-mata bertanggung jawab untuk membentuk akhlak yang baik pada diri setiap orang, termasuk generasi muda Indonesia. Apalagi bagi anak yang sedang mencari jati dirinya, tanpa adanya peran pendidikan maka ia akan kehilangan arah dan terkena permasalahan sosial. Tak hanya pendidikan, peran ayah dan ibu juga sangat penting dalam mendidik dan mengasuh anak. Pengaruh model kepemimpinan orang tua terhadap perilaku nakal anak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepribadian anak. Model kepemimpinan yang baik akan menciptakan karakter yang baik dan sebaliknya. Banyak faktor yang mempengaruhi kenakalan anak, antara lain teman dan lingkungan, namun faktor keluarga lebih mendominasi. Pendidikan karakter menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kenakalan anak. Pendidikan juga sangat mempengaruhi pembentukan kepribadian anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi lapangan dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Bireuen.

References

Adawiyah, Robiatul, and Siti Suaedah. “Pola Asuh Orang Tua Pada Minat Belajar Siswa Di Smpn 15 Kota Bekasi.” Research and Development Journal of Education, vol. 8, no. 2, 2022, p. 808, https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12884.

Ayun, Qurrotu. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.”

Ani Siti Anisah. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, vol. 5, no. 1, 2018, pp. 70–84.

Fatimah, Siti, and Muhammad Towil Umuri. “Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 4, no. 1, 2014, pp. 87–96, http://journal.uad.ac.id/index.php/Citizenship/article/view/6284.

Hasanah, Uswatun. “Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak.” Jurnal Elementary, vol. 2, no. 2, 2021, pp. 72–82.

Karlina, Lilis. “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja.” Edukasi Nonformal, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 147–58, https://ummaspul.e journal.id/JENFOL/article/view/434.

“Kematangan Emosi, Konsep Diri Dan Kenakalan Remaja.” Jurnal Psikologi, vol. 7, no. 1, 2017, pp. 490–500. Mubarok, Ramdanil. “Peran Kepemimpinan Dalam Keluarga Pada Pembelajaran Daring Di Desa Sangatta Utara.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 7, no. 3, 2021, p. 1251, https://doi.org/10.37905/aksara.7.3. 1251-1262.2021.

Latifah, Atik. “Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), vol. 3, no. 2, 2020, pp. 101–12, https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785.

Lestari, Erieska Gita, et al. “Peran Keluarga Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, 2019, https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14231.

Martini, Eneng, et al. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Desa Budiharja Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat.” CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 10–21, https://doi.org/10.36805/civics.v2i1 .262.

Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 3, no. 2, 2019, pp. 50–57, https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.

Masni, H. “Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa.” Jurnal Ilmiah Dikdaya, vol. 6, no. 1, 2016, pp. 58–74. Muawanah, Lis Binti, and Herlan Pratikto.

Ningsih, Diah Retno, and Tobriyanto Tobryianto. “Kepemimpinan Orang Tua Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa.” Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, vol. 2, no. 1, 2020, pp

Peramesti, Ni Putu Depi Yulia, and Dedi Kusmana. “Kepemimpinan Ideal Pada Era Generasi Milenial.”TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 2018, pp. 73–84, ttps://doi.org/10.33701/jt.v10i1.413.

Prasasti FKIP, Suci, et al. “Kenakalan Remaja Dan Faktor Penyebabnya.” Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 28–45, http://prosiding.unipma.ac.id/index.

Rakhmawati, Istina. “Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak.” Jurnalbimbingan Konseling Isla, vol. 6, no. 1, 2020, pp. 1–18.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali.” Jurnal Alhadharah, vol. 17, no. 33, 2018, pp. 81–95.

Saman, Abdul. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi 2010, Vol. III, No.1: 1-14. no. 1, 2010, pp. 1–14.

Sumara, Dadan, et al. “Kenakalan Remaja Dan Penanganannya.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, 2017, pp. 346–53, https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2. 14393.

Wahyudin, Ujang. “Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Akhlak Peserta Didik.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 1, 2018, p. 52, https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i1.1659.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Iskandar, I., & Syarkawi, S. (2024). MODEL KEPEMIMPINAN ISLAMI ORANG TUA : MENUJU PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK . Jurnal Ikhtibar Nusantara, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v3i1.82