PERAN KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK DI ERA MILLENIAL

Authors

  • Ilham Ilham Dosen Prodi PPKN Universitas Albulyatama

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v3i1.90

Keywords:

Mendidik Anak, Miilenial

Abstract

Mendidik dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mengantarkan anak didik ke arah kedewasaan baik secara jasmani maupun rohani. Anak adalah amanat yang dibebankan oleh Allah SWT kepada orang tuanya, karena itu orang tua harus menjaga dan memelihara serta menyampaikan amanah itu kepada yang berhak menerima. Karena manusia adalah milik Allah SWT, mereka harus mengantarkan anaknya untuk mengenal dan menghadapkan diri kepada Allah SWT. Generasi milenial adalah generasi zaman sekarang yang akan banyak menghadapi berbagai pengaruh budaya dari luar negeri. Setiap keluarga mendambakan anak-anaknya menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah. Anak merupakan amanat Allah SWT kepada orang tuanya untuk diasuh, dipelihara, dan dididik dengan sebaik-baiknya. Orang tua dalam pandangan agama Islam mempunyai peran serta tugas utama dan pertama dalam kelangsungan pendidikan anak-anaknya, baik itu sebagai guru, pedagang, atau dia seorang petani. Tugas orang tua untuk mendidik keluarga khusus anak-anaknya. Keluarga muslim adalah lingkungan pertama dalam pendidikan karena dalam keluarga inilah anak pertama kalinya mendapatkan pendidikan dan bimbingan. Dan keluarga disebut sebagai lingkungan pendidikan yang utama karena sebagian besar hidup anak berada dalam keluarga, maka pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak adalah dalam keluarga. Pendidikan dasar agama yang diberikan sejak dini menuntut peran serta keluarga, karena keluarga merupakan institusi pendidikan yang pertama dan utama yang dapat memberikan pengaruh kepada anak. Pelaksanaan pendidikan agama pada anak dalam keluarga di pengaruhi oleh adanya dorongan dari anak itu sendiri dan juga adanya dorongan keluarga. Setiap orang mengharapkan rumah tangga yang aman, tentram dan sejahtera.

 

References

Abudin Nata, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa Bandung, 2003.

Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan anak dalam Islam, Jakarta Pustaka Amani, 1995.

Abdul Rachman Shaleh, Pendidikan Agama dan Keagamaan, Jakarta: Gemawindun Pancaperkasa, 2000.

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2207.

Azyumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Jalaluddin, Mempersiapkan Anak Sholeh, Palembang: NoerFikri, 2015.

May Lwin, Cara mengembangkan berbagai kompenen kecerdasan, Jakarta: indeks, 2008.

Mufidah, Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender. Malang : UIN Press, 2008.

M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di lingkungan sekolah dan keluarga, (Jakarta: Bulan Bintang: 2008.

Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

_____, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta; Bulan Bintang, 1996.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Ilham, I. (2024). PERAN KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK DI ERA MILLENIAL. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v3i1.90