Social Religious Values Dalam Perayaan Maulidurrasul di Aceh
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.91Keywords:
Social Religious, Values, MaulidurrasulAbstract
Perayaan maulidurrasul sebagai sarana menumbuhkan mahabbah yang berakhir kepada pengharapan ridha Allah. Tradisi maulidurrasul di Aceh terbagi kepada dua kelompok. Pertama kelompok masyarakat umum yang berhasil menumbuhkan nilali-nilai sosial keagamaan sampai tingkatan review sejarah nabi Muhammad SAW. Kedua, kelompok ulama dan ahli ilmu, dimana kelompok ini berhasil menumbuhkan nilai-nilai sosial keagamaan sampai tingkatan mencapai ridha Allah. Maka kelompok pertama masih dianggap proses dan kelompok kedua cenderung kepada orientasi perayaan maulidurrasul sebagaimana tuntutan agama.
References
Ahmad Awliya, Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad saw Pada Komunitas Etnis Betawi Kebagusan, (Skripsi UIN Syarif Hidayatullah jurusan program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jakarta thn 2008)
Ahmad Awliya, Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad saw Pada Komunitas Etnis Betawi Kebagusan, (Skripsi UIN Syarif Hidayatullah jurusan program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jakarta thn 2008)
AM, M. M., & Muhid, A. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI" MOLODHAN" MASYARAKAT MADURA. Kabillah (Journal of Social Community), 7(1).
Anggraini, N. (2023). Internalisasi nilai-nilai harmonisasi antar umat beragama melalui kegiatan maulid nabi muhammad SAW di SMA Negeri Umbulsari (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad siddiq Jember).
Awliya, A. (2008). Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Pada Komunitas Etnis Betawi Kabagusan.
Baruadi, M. K. (2018). Mohamad Karmin Baruadi: Tradisi Sastra Dikili Dalam Pelaksanaan Upacara Adat Maulidan Di Gorontalo. ARTIKEL, 1(2736).
Buhori, Jurnal “Islam danTradisi Lokal Di Nusantara”, Jurnal Al-Maslahah, Vol. 13,No. 2, 2017.
Delvia, R. (2022). TRADISI MEUDIKEE ORGANISASI MUHAMMADIYAH PADA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW (Studi Kasus Desa Kutabuloh II Kecamatan Meukek). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 7(2).
Departemen Pendidikan Nasional (2011), Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat
Faridhatul, H. (2019). Riwayat Surah Al-Fath Dan Al-Taubah Dalam Rangkaian Pembacaan Maulid Nabi (Studi Kasus Tradisi Maulid di Pulau Kelapa) (Bachelor's thesis).
Fatah, A. F. (2020). Living Qur’an: Tradisi Wirid Al-Ma’tsūrāt di Smait Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur'an dan Tafsir, 5(1), 1-19.
Fithriyah, N. (2023). TRADISI AMPYANG MAULID SEBAGAI SIMBOLISASI PERAYAAN MAULID NABI SAW DI DESA LORAM KULON, JATI, KABUPATEN KUDUS (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).
Hasan, M. (2015). Nilai‐nilai Pendidikan Islam dalam Maulid Nabi Muhammad SAW. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 1(1).
HMI Cab. Bogor. (1989). Nilai Nilai Identitas Kader NIK. ‐Buku Pedoman HMI Cab.
Huda, I. W. A. U., & Farikhah, F. (2023). Cinta Rasul dalam Grebeg Tahu: Studi Tradisi Perayaan Maulid Nabi di Desa Sumbermulyo, Kabupaten Jombang. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan.
Isce Veralidiana, Skripsi: “Implementasi Tradisi “Sedekah Bum””, mahasiswa Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhiyyah Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2010.
Kamilan, I. (2022). Maulid Nabi dalam Kajian Astronomi Modern. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 8(1).
Mega Puspita Sari, Perilaku Sosial Keagamaan Buruh Tani, Skripsi Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, UIN Raden Lampung, 2019.
Mukti, Y. F. D. (2023). Analisis Dampak Sosial Keagamaan dalam Tradisi Bancakan Maulid di Desa Ngale Kecamatan Paron. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6).
Nadia, Z. (2011). Tradisi maulid pada masyarakat Mlangi Yogyakarta. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 12(2).
Nuril, Q. (2022). Ancak Agung Dalam Tradisi Maulid Nabi Di Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). PT. Imtima, Bandung.
Pujiyanto, R., & Muslihudin, M. (2023). Tradisi Muludan serta Implikasinya terhadap Kehidupan Sosial dan Keagamaan Perspektif Fenomenologi Edmund Husserl. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1).
ringkasan sejarah nabi muhammad saw | Life And History (wordpress.com)
Robbi Darwis, Jurnal: “Tradisi Ngaruat Bumi dalam Kehidupan Masyarakat”, Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya, Vol. 2, No. 1, 2017.
Rohmawati, F. (2021). Implementasi Ritual Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai upaya Membangun Toleransi Antar Umat Beragama di Dukuh Ngandong Pakem Sukolilo Pati (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Sholikhin, M. (2012). Di Balik 7 Hari Besar Islam: Sejarah, Makna dan Amaliah Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi, Nuzulul Quran, Isra'Mi'raj, 1 Muharam, dan Lailatul Qadr. Garudhawaca.
Sugian, A., & Mustofa, A. M. Z. (2023). Symbolic Interaction Analysis of The Baayun Maulid Tradition of The Banjar Community. Indonesian Journal of Islamic Education and Local Culture, 1(2).
Suriadi, A. (2019). Akulturasi budaya dalam tradisi maulid Nabi Muhammad di Nusantara. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1).
Thoriq, M., & Wahyudin, F. (2023). Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sebagai Media Mempererat Kerukunan Umat Beragama. JOURNAL OF ISLAMIC SOCIAL SCIENCE AND COMMUNICATION (JISSC) DIKSI, 2(2).
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, 2009, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III,
Wirata, I. W. (2023). Kohesifitas Sosial Harmoni Umat Beragama Pada Masyarakat Lombok (Pendekatan Sosiologi Agama): (Pendekatan Sosiologi Agama). Jurnal Penelitian Agama Hindu, 7(3).
Zubaedi, Z., Utomo, P., Zubaidah, Z., Kholidin, F. I., & Rahmawati, N. R. (2020). Nilai Kerja dalam Teks Mawlid Syarf Al-Anam dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Pribadi-Sosial Melalui Kesenian Islam Syarofal Anam: Kajian Hermeneutika Gadamerian. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2).