KONSTRUKSI NIAT DAN IMPLIKASINYA DALAM EFEKTIVITAS BELAJAR
(Studi Perspektif Religious Experience dan Religious Consciousness)
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v3i1.93Keywords:
kontruksi niat, implikasinya dalam efektifitas belajar, Efektifitas belajarAbstract
Agama Islam sangat menganjurkan kepada manusia untuk selalu belajar. Bahkan Islam mewajibkan kepada setiap orang yang beriman untuk belajar. Dalam Islam pendidikan tidak hanya dilaksanakan dalam batasan waktu tertentu saja, melainkan dilakukan sepanjang usia (long life education). Ini sesuai dengan sabda yang disampaikan oleh panutan orang Islam, Nabi Muhammad SAW : اطلب العلم من المهد الى اللهد “Carilah ilmu sejak dalam buaian hingga ke liang lahat”. Atau اطلب العلم ولو بالصين“Carilah ilmu walau ke negeri Cina” Belajar bertujuan sebagai sarana untuk mewujudkan cita-cita seutuhnya sebagai makhluk yang beradab dan manusia yang kreatif serta memiliki inovasi untuk maju. Dalam surat Al-Alaq, Allah Swt memerintahkan kita agar menuntut ilmu. Setelah itu kewajiban kedua adalah mentransfer ilmu tersebut kepada generasi berikutnya. Dalam hal pendidikan, ada dua kesimpulan yang dapat kita ambil dari firman Allah Swt tersebut; yaitu Pertama, kita belajar dan mendapatkan ilmu yang sebanyak-banyaknya. Kedua, berkenaan dengan penelitian yang dalam ayat tersebut digunakan kata qalam yang dapat kita artikan sebagai alat untuk mencatat dan meneliti yang nantinya akan menjadi warisan kita kepada generasi penerus. Dengan demikian akan tumbuh dan berkembangnya kesadaran agama(relegious consciousness ) dan akan mendapatkan pengalaman agama(religious experience) yang memadai. Pada dasarnya setiap kebaikan yang akan kita lakukan, apalagi untuk belajar haruslah didasari dengan niat yang bersih dan tulus. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw riwayat Umar Ibnu Khattab ra yang berbunyi :
إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
Artinya :“Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: ‘Sesungguhnya setiap amal itu tergantung pada niatnya, dan seseorang itu hanya mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkannya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu (dinilai) karena Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena harta dunia yang hendak diraihnya atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu hanyalah (dinilai) kepada apa yang menjadi tujuannya hijrahnya,” (H.R. Bukhari dan Muslim).
References
Amin, H. Samsul Munir. 2022. Ilmu Akhlak. Amzah.
Boli, Mukdar. 2021. “Evaluasi Motivasi Kerja Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(2):35–46.
Hapudin, H. Muhammad Soleh. 2021. Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif Dan Efektif. Prenada Media.
Hayat, Miftahul, and Eva Rosita. 2023. “PENDEKATAN PSIKOLOGI ISLAMI DALAM MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MENTAL SISWA.” Al-Khuwar| Journal of Religion and Islamic Education 1(2):31–40.
Ibrahim, Maulana Yusuf, and Erina Rahmajati. 2022. “Gambaran Niat Dan Stres Akademik Mahasiswa Di Masa Pandemi.” in EAIC: Esoterik Annual International Conferences. Vol. 1.
Izzah, Lailatul. 2024. “Pengaruh Praktik Sholat Khusyuk Dalam Kegiatan Pembinaan Psikospiritual Erhadap Konsentrasi Belajar Mahasiwa.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 21(1):1–13.
Jannah, Atiratul. 2023. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2):2758–71.
Jannah, Niswah Zahrotul, Gunawan Santoso, Nur Asiah, Achda Fitriah, Ahmad Suryadi, and Aida Sumardi. 2024. “Meniti Jalan Spiritualitas: Eksplorasi Karakter Spiritual Abad Ke-21 Di Mahasiswa FIP UMJ.” Jurnal Pendidikan Transformatif 3(2):85–105.
Muhammad, A. R. 2020. “Akhlak: Menjadikan Seseorang Muslim Berakhlak Mulia.”
Priatna, Heru. 2024. STRATEGI DAN CARA MENINGKATKAN KOMITMEN ORGANISASI TENAGA PENDIDIK. RIZMEDIA PUSTAKA INDONESIA.
Rahmat, Pupu Saeful. 2021. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Ristianah, Niken, and Toha Ma’sum. 2022. “PESERTA DIDIK IDEAL:(Telaah Kritis Jati Diri Peserta Didik Persektif Islam).” JIEM: Journal Of Islamic Education and Management 3(1):26–31.
SETIYAWAN, HERI. n.d. “KONSEP MENUNTUT ILMU DALAM SYA’IR-SYA’IR IMAM SYAFI’I (ANALISA KITAB DIWAN ASY-SYAFI’I).”
Suseno, Miftahun Ni’mah. 2017. “EFEKTIVITAS PEMBENTUKAN KARAKTER SPIRITUAL UNTUK MENINGKATKAN OPTIMISME TERHADAP MASA DEPAN ANAK YATIM PIATU.”
Utami, Almira Puji, and Suyato Suyato. 2021. “Minat Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kalangan Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19.” AGORA 10(2):133–44.
Wijayanti, Lisma Meilia, and Setiaputri Aisahningsih. 2023. “Urgensi Niat Belajar Menurut Syaikh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Thariqat at-TaAllum.” Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1):1–12.