Journals

  • Jurnal Ikhtibar Nusantara

    Jurnal Ikhtibar Nusantara merupakan jurnal ilmiah yang memuat naskah di bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam. Terbit Pertama Volume 1 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2022 versi Online. Ruang lingkup dari Jurnal ini berupa hasil penelitian dan kajian analisis -kritis dengan tujuan sebagai wadah yang kredibel bagi akademisi dan peneliti untuk menyebarluaskan karya, studi, makalah, dan bentuk penelitian lainnya. Pembentukannya bertujuan untuk menjadi jurnal ilmiah dengan reputasi nasional serta mempromosikan kemajuan, pemahaman, dan hukum, pendidikan dan dakwah Islam. Pemuatan artikel di jurnal ini dialamatkan ke website    https://stainusantara.ac.id/  Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Artikel yang masuk akan melalui proses seleksi mitra bestari (reviewer) atau editor. Jurnal Ikhtibar Nusantara diterbitkan oleh STAI Nusantara Kota Banda Aceh, Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dalam bentuk cetak dan online yang dapat di unduh secara gratis, yang mana akan diterbitkan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun. 

    Editor in Chief

    Muhammad Yusuf, S.Fil.I., MA

  • ISLAMICA : Journal of Islamic Education Research

    ISLAMICA: Journal of Islamic Education Research merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Agam Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nusanta Banda Aceh. Jurnal ini hadir sebagai wadah akademik yang memfasilitasi publikasi hasil penelitian dan kajian ilmiah di bidang pendidikan Islam serta isu-isu keislaman kontemporer. Dengan frekuensi terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember, jurnal ini berkomitmen untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan keilmuan pendidikan Islam yang berbasis pada nilai-nilai akademik dan integritas ilmiah.

    Fokus utama jurnal ISLAMICA mencakup berbagai tema strategis seperti manajemen pendidikan Islam, kurikulum dan metodologi pembelajaran, pengembangan sumber daya manusia dalam pendidikan Islam, serta integrasi ilmu dan agama. Jurnal ini juga membuka ruang bagi artikel yang mengangkat isu-isu aktual dalam studi keislaman dan pendekatan-pendekatan inovatif dalam proses pendidikan. Setiap naskah yang diterima akan melalui proses seleksi dan review secara ketat guna menjamin kualitas dan orisinalitas karya ilmiah yang dipublikasikan.

    Jurnal ISLAMICA telah terindeks di sejumlah basis data ilmiah seperti Google Scholar dan Garuda (Garda Rujukan Digital), sehingga menjadikannya mudah diakses dan dirujuk oleh peneliti serta akademisi. Proses pengiriman artikel dilakukan secara daring melalui sistem OJS (Open Journal System), dan para penulis diwajibkan mengikuti panduan penulisan yang telah ditentukan oleh dewan redaksi. Dengan dukungan tim editor profesional dan sistem manajemen jurnal yang terstruktur, ISLAMICA berupaya menjadi salah satu rujukan utama dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam di Indonesia.

     
     
     
  • El-faqih: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam

    Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam dalah jenis publikasi akademik yang berfokus pada aspek-aspek ekonomi dan hukum dalam konteks Islam. Jurnal ini membahas isu-isu ekonomi dan hukum yang relevan dengan prinsip-prinsip Islam, serta menggabungkan pendekatan ekonomi dan hukum dalam kerangka pemahaman Islam. Berikut adalah deskripsi lebih rinci tentang jurnal ini:

    Jurnal ini memfokuskan pada pengkajian dan analisis masalah ekonomi dan hukum yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini termasuk isu-isu seperti zakat, riba, investasi halal, etika bisnis, kontrak syariah, hukum waris, dan aspek lainnya yang relevan dengan ekonomi dan hukum Islam.

  • Al-Thifl: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

    Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah sebuah publikasi akademik yang berfokus pada penelitian, teori, praktik, dan kebijakan terkait pendidikan anak usia dini,Jurnal ini mencakup berbagai aspek penting dalam pendidikan anak usia dini, seperti pengembangan kognitif, sosial-emosional, dan fisik anak-anak, serta kurikulum, metode pengajaran, dan strategi pembelajaran yang efektif. Selain itu, jurnal ini juga membahas evaluasi dan asesmen perkembangan anak, kebijakan pendidikan, lingkungan pembelajaran, serta peran keluarga dan komunitas dalam mendukung pendidikan anak-anak. Tujuan utama dari Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah untuk menyediakan platform bagi para peneliti, pendidik, dan praktisi guna berbagi temuan penelitian, praktik terbaik, dan inovasi dalam bidang pendidikan anak usia dini. Dengan demikian, jurnal ini berperan penting dalam meningkatkan pemahaman tentang perkembangan dan pendidikan anak usia dini, mendorong penerapan praktik-praktik terbaik, serta memfasilitasi dialog antara peneliti, pendidik, dan pembuat kebijakan. Selain itu, jurnal ini juga menyediakan bukti ilmiah yang dapat mendukung pengembangan kebijakan dan praktik yang lebih efektif dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal ini ditujukan untuk akademisi, peneliti, pendidik, pembuat kebijakan, dan praktisi yang terlibat dalam pendidikan anak usia dini. Diterbitkan secara berkala, jurnal ini melalui proses penelaahan sejawat yang ketat untuk memastikan kualitas dan relevansi konten yang diterbitkan. Dengan menyediakan platform untuk publikasi penelitian berkualitas tinggi, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini memainkan peran penting dalam pengembangan dan peningkatan praktik pendidikan anak usia dini di berbagai konteks dan setting, serta berkontribusi dalam membentuk masa depan yang lebih baik bagi anak-anak.

  • Saweu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

    Saweu adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh akademisi, peneliti, serta praktisi di berbagai bidang yang memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat. Topik yang dibahas dalam jurnal ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pemberdayaan masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, pelatihan keterampilan, hingga penerapan teknologi tepat guna. Melalui publikasi ini, Saweu berupaya mendukung penyebaran pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.