Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make a Match di Kelas IX-4 SMP Negeri 1 Pasie Raja
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.4Keywords:
Model, Make A Match, Teks ProcedureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis teks berbentuk procedure melalui penerapan model pembelajaran Make a Match di Kelas IX-4 SMP Negeri 1 Pasie Raja. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IX-4 SMP Negeri 1 Pasie Raja semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 33 orang, yang terdiri atas 13 orang laki-laki dan 20 orang perempuan, dengan fokus penelitian adalah kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk procedure pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan dari 42,42% pada siklus I menjadi 78,79% pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan yang signifikan, hal tersebut terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal, diman pada siklus I sebesar 30,30% dan pada siklus II menjadi 87,88%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk procedure pada siswa kelas IX-4 SMP Negeri 1 Pasie Raja.
References
Alma, Buchari. (2009). Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1994). Petunjuk Pelaksanaan Belajar Mengajar Kurikulum 1994. Jakarta: BSNP Pustaka Umum.
Isjoni. (2010). Cooperatif Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kemmis, S. dan Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin: Deakin University.
Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia
Matin, Mohammmad A. (2013). Interactive Computer- Centered Instructions for
Mulyana, Slamet.2007. Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pengembangan Profesi Guru. Bandung: LPMP.
Mulyasa, E. (2009). Penelitian Tindakan Sekolah (Meningkatkan Produktivitas Sekolah). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda karya.
Mustriana, Bachtiar B, dan Yuniarti Dwi Arini. (2010). Detik-Detik Ujian Nasional Bahasa Inggris. Klaten: Intan Pariwara.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Science and Engineering Education. Cretive Education. Vol, 3 No. 3 (375-379).
Stringer, R. T. (1996). Action Research: A Handbook for Practitioners. London: International Educational and Profesional Publisher.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suhardjono et.al. (2005). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikgu dan Tentis.
Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional (Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah). Yogyakarta: Andi.
Thobroni, Muhammad, dan Arif Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardiman, Artono, Masduki B. Jahur, dan M. Sukirman Djusma. (2008.English in Focus. Jakarta: Depdiknas.
Warsono. (2003). Penerapan Prinsip CTL Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vidya Karya, th XXII, no.2.
Wibawa, Basuki. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendasmen Dirtendik.
Yudhistira, Dadang. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang APIK. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
Versions
- 2022-06-30 (2)
- 2022-06-30 (1)