Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make a Match di Kelas IX-4 SMP Negeri 1 Pasie Raja
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.4Keywords:
Model, Make A Match, Teks ProcedureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis teks berbentuk procedure melalui penerapan model pembelajaran Make a Match di Kelas IX-4 SMP Negeri 1 Pasie Raja. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IX-4 SMP Negeri 1 Pasie Raja semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 33 orang, yang terdiri atas 13 orang laki-laki dan 20 orang perempuan, dengan fokus penelitian adalah kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk procedure pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan dari 42,42% pada siklus I menjadi 78,79% pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan yang signifikan, hal tersebut terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal, diman pada siklus I sebesar 30,30% dan pada siklus II menjadi 87,88%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk procedure pada siswa kelas IX-4 SMP Negeri 1 Pasie Raja.
Downloads
Published
Versions
- 2022-06-30 (2)
- 2022-06-30 (1)