Pola Hubungan Guru dan Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim

Authors

  • Muhammad Yusuf Zulkifli Muhammad Yusuf Zulkifli STAI Nusantara Kota Banda Aceh
  • Amiruddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.6

Keywords:

Pola, Guru, Murid, Zarnuji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pola hubungan guru murid yang tertulis dalam kitab Ta’lim al-muta’allim; Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research) dengan Teknik Analisis Diskriptif Kualitatif dan Analisis Holistik. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif  dan pendekatan  induktif. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa beberapa pemikiran  al- Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim, yang memberi acuan terhadap pola hubungan  guru  dan  murid,  yaitu:  Murid  tidak  akan  memperoleh  ilmu  yang manfa’at tanpa adanya pengagungan dan pemuliaan terhadap ilmu dan orang yang mengajarnya  (guru),  menjadi  semangat  dan  dasar  adanya  penghormatan  murid terhadap guru; Posisi guru yang mengajari ilmu, walaupun hanya satu huruf dalam konteks keagamaan disebut sebagai bapak spiritual,  sehingga kedudukan guru sangat terhormat  dan  tinggi  yang  memberi  konsekwensi  bagi  sikap  dan  prilaku  murid sebagai  manifestasi  penghormatan  terhadap  guru  baik  dalam  lingkungan  formal maupun non formal; Tingginya ilmu yang dimiliki oleh guru, menjadikan fungsi guru seperti dokter, menunjukkan nilai kepercayaan dan pentingnya nasehat bagi murid dalam mencapai  tujuan belajar yang optimal.

References

Abd. Nasih Ulwan, Pendidikamn Anak Dalam Islam, Cet. II, Jakarta: Pustaka Amani, 1999.

Abdurrahman Mas’ud, Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik, Yogyakarta: Gama Media, 2002.

Abudin Nata, Perspektif Islam Tentang pola hubungan Guru Murid Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali Jakarta PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Ahmad Fuad al-Ahwani, At-Tarbiyah Fil Islam, Kairo: Darul Ma’arif, t.th.

Ahmad Syalaby, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bulan Bintang, 1973.

Al-Zarnuji dalam Syeh Ibrahim bin Ismail, syarah Ta’lim al-Muta’allim, Indonesia, CV. Karya Insan, tt.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Ed. II, Cet. IX, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

H.M., Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Hery Nur Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1994.

Imam Abu Husain Muslim al-Hajj, Shohih Muslim II, Beirut : Dar al-Ilmiah, 1992.

Ir. Poedjawijatno, dalam Hadi Supeno, Potret Guru, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995.

John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia, 1992.

Moh. Atiyah al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarta: Bulan Bintang; 1970.

Moh. Ali, Reorientasi Makna Pendidikan : Urgensi Pendidikan Terpadu,, dalam Marzuki Wahid, Suwendi, Syaefudin Zuhri ed, Pesantren Masa Depan, Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2000.

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam ; Kajian Filosofis Dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung: Tri Genda Karya, 1993.

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Tri Genda Karya, 1993.

Muhammad Fadlil al-Jamali, Konsep Pendidikan Al-Qur’an Sebuah KajianFilosofis,Cet.I, Ramadhani: 1993.

Nana Syaodih Sukmadinata, pengembanga Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya;1997.

Nurul Huda, Konsep Belajar Dalam Kita Ta’lim al-Muta’allim, Semarang: Puslit IAIN Walisongo, 2000.

Omar Muhammad al-Toumy al-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam terj. Prof. Dr. Hasan PT. Tiara Wacana Yogya Anggota IKAPI,1994.

Sardiman AM., Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 1988.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Tamyiz Burhanudin, Akhlaq Pesantren Pandangan K.H. Hasym Asy’ary, Yogyakarta : Ittaka Press; 2001.

Zakiah Darajat, dkk., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara , 2000.

Zakiyah Daradjat, Kepribadian Guru, Jakarta : Bulan Bintang, 1980.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-06-30

Versions

How to Cite

Muhammad Yusuf Zulkifli, M. Y. Z., & Amiruddin. (2022). Pola Hubungan Guru dan Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 1(1), 41–67. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.6