This is an outdated version published on 2022-06-30. Read the most recent version.

Pola Hubungan Guru dan Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim

Authors

  • Yusuf Zulkifli STAI Nusantara Kota Banda Aceh
  • Amiruddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.6

Keywords:

Pola, Guru, Murid, Zarnuji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pola hubungan guru murid yang tertulis dalam kitab Ta’lim al-muta’allim; Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research) dengan Teknik Analisis Diskriptif Kualitatif dan Analisis Holistik. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif  dan pendekatan  induktif. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa beberapa pemikiran  al- Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim, yang memberi acuan terhadap pola hubungan  guru  dan  murid,  yaitu:  Murid  tidak  akan  memperoleh  ilmu  yang manfa’at tanpa adanya pengagungan dan pemuliaan terhadap ilmu dan orang yang mengajarnya  (guru),  menjadi  semangat  dan  dasar  adanya  penghormatan  murid terhadap guru; Posisi guru yang mengajari ilmu, walaupun hanya satu huruf dalam konteks keagamaan disebut sebagai bapak spiritual,  sehingga kedudukan guru sangat terhormat  dan  tinggi  yang  memberi  konsekwensi  bagi  sikap  dan  prilaku  murid sebagai  manifestasi  penghormatan  terhadap  guru  baik  dalam  lingkungan  formal maupun non formal; Tingginya ilmu yang dimiliki oleh guru, menjadikan fungsi guru seperti dokter, menunjukkan nilai kepercayaan dan pentingnya nasehat bagi murid dalam mencapai  tujuan belajar yang optimal.

Additional Files

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-06-30

Versions

How to Cite

Zulkifli, Y., & Amiruddin. (2022). Pola Hubungan Guru dan Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 1(1), 41–67. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.6